ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 17:30 WIB

Viral Tantangan Masturbasi "DDD" di Bulan Desember, Ini Komentar Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
banana with open skin in the tossed state on a dark background Viral DDD challenge. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Albert Yarullin)
Topik Hangat DDD Challenge
Jakarta -

Di media sosial viral tantangan yang disebut DDD atau Destroy D*ck December. Tantangan yang sebenarnya berawal dari gurauan ini mendorong pria untuk rutin masturbasi sebulan penuh.

"Habis NNN terbitlah DDD," kata satu pengguna Twitter yang menyinggung NNN, tantangan sebelumnya yang mendorong orang berhenti masturbasi selama bulan November.

Tidak diketahui pasti berapa banyak orang yang benar-benar mengikuti tren atau hanya bercanda belaka. Namun, ahli urologi dr Andredasta C Sinulingga, SpU, dari RSU Bunda Margonda mengingatkan ini bukan hal yang baik dilakukan.

Masturbasi yang dilakukan terlalu sering, bahkan sampai setiap hari malah bisa berdampak buruk. Pertama bisa saja konsentrasi kandungan sperma pada air mani berkurang akibat terlalu sering ejakulasi.

"Bahaya dalam artian membuat sperma kering tidak ada ya. Tapi ya bisa tidak ada sperma yang keluar saat ejakulasi, akibat terlalu sering ejakulasi. Karena sperma itu sendiri kan butuh waktu untuk diproduksi," ungkap dr Andre pada detikcom, Rabu (1/12/2021).

Berikutnya bisa saja orang yang terlalu sering masturbasi menyebabkan trauma atau cedera pada penisnya. Ini karena organ intim pria tidak dirancang untuk terus ereksi dan berkali-kali ejakulasi.

"Penis itu memang alamiahnya ereksi dan ejakulasi satu kali periode, tidak bisa langsung berulang. Misal, setelah ejakulasi, penis akan lemas tidak bisa langsung dipaksa untuk ereksi/tegang kembali. Berbeda dengan wanita," papar dr Andre.

"Jadi kalau ada istilah masturbasi terus menerus, maka bisa dipastikan akan menyebabkan trauma pada penis," pungkasnya.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)
Topik Hangat DDD Challenge

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT