7 Makanan Tinggi Kolesterol yang Aman Dikonsumsi, Tapi Jangan Sampai Berlebihan!

ADVERTISEMENT

7 Makanan Tinggi Kolesterol yang Aman Dikonsumsi, Tapi Jangan Sampai Berlebihan!

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Selasa, 07 Des 2021 13:07 WIB
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi
Makanan tinggi kolesterol. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Makanan tinggi kolesterol sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Kolesterol bisa dibilang sebagai salah satu zat yang sering disalahpahami.

Kebanyakan orang menghindari makanan sehat yang tinggi kolesterol, seperti telur karena takut meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengutip dari ClevelandClinic, penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa makanan tinggi kolesterol mungkin tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Meski begitu, bukan berarti mengabaikan jumlah kolesterol yang dikonsumsi.

Ini daftar makanan tinggi kolesterol yang aman dikonsumsi:

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan tinggi kolesterol yang aman dikonsumsi. Satu telur besar memiliki 211 mg kolesterol, atau 70% dari RDI.

Kebanyakan orang sering menghindari telur karena takut dapat menyebabkan kolesterol meroket. Namun, penelitian menunjukkan bahwa telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol.

Selain kaya kolesterol, telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan sarat dengan nutrisi bermanfaat, seperti vitamin B, selenium, dan vitamin A.

2. Keju

Meskipun keju sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju yang penuh lemak tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol.

Sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu pada 162 orang menemukan bahwa asupan tinggi 80 gram atau sekitar 3 ons keju penuh lemak per hari tidak meningkatkan kolesterol LDL "kolesterol jahat", dibandingkan dengan jumlah keju rendah lemak dengan jumlah yang sama.

Berbagai jenis keju memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan keju menyediakan kalsium, protein , vitamin B dan vitamin A dalam jumlah yang baik.

Karena keju tinggi kalori, patuhi ukuran porsi yang disarankan yaitu 1-2 ons untuk menjaga porsi tetap terkendali.

3. Kerang, Kepiting, dan Udang

Makanan laut seperti kerang, kepiting dan udang merupakan sumber protein, vitamin B, zat besi, dan selenium yang sangat baik.

Mereka juga tinggi kolesterol. Misalnya, porsi 3 ons (85 gram) udang menyediakan 166 mg kolesterol yang lebih dari 50% dari RDI.

Selain itu, kerang mengandung komponen bioaktif seperti antioksidan karotenoid dan asam amino taurin, yang membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol LDL "kolesterol jahat".

Mengonsumsi lebih banyak makanan laut memiliki tingkat risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit inflamasi yang lebih rendah seperti arthritis.



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT