Jumat, 17 Des 2021 16:01 WIB

Jadwal Vaksin BIAS dan COVID-19 Berdekatan, Sebaiknya Mana Duluan?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Siswa Siswi sekolah dasar menerima vaksin COVID 19 di SD Negeri 2 Pondok Bambu, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Pemerintah memulai vaksin Covid-19 anak berusia 6-11 tahun mulai hari ini. Sasaran vaksinasinya mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020. Saran dokter jika jadwal vaksinasi COVID-19 anak 6-11 tahun berdekatan dengan vaksinasi rutin (BIAS). Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemberian imunisasi rutin atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan vaksin COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun wajib berjeda dua minggu. Lantas jika jadwal yang telah ditentukan untuk kedua jenis vaksin tersebut berdekatan, vaksin mana yang harus didahulukan?

Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof Dr dr Hartono Gunardi, SpA(K), menjelaskan idealnya vaksin COVID-19 diberikan setelah vaksinasi rutin.

Akan tetapi, orangtua boleh menyesuaikan dengan keadaan. Vaksin yang lebih dulu tersedia boleh diberikan lebih dulu pada anak-anak. Jika vaksin COVID-19 sudah tersedia, anak boleh menerima vaksin COVID-19 lebih dulu sebelum imunisasi BIAS.

"Diberikan vaksinasi BIAS terlebih dahulu setelah itu vaksin COVID-19. Mohon untuk anak-anak di sekolah yang sudah direncanakan untuk menerima vaksin COVID monggo silakan vaksinasi COVID dulu, setelah itu dua minggu kemudian baru dilakukan vaksinasi BIAS," terangnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (17/12/2021).

"Jadi tergantung keadaan. Kalau di daerah yang masih menunggu vaksin COVID-nya tidak tahu kapan silakan imunisasi BIAS terlebih dahulu, baru setelah itu diberikan vaksinasi COVID," sambung dr Hartono.

Terlebih mengingat, kini belum semua daerah menjalankan vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia 6-11 tahun. Syarat suatu wilayah boleh menjalani vaksinasi COVID-19 untuk anak 6-11 tahun adalah cakupan vaksinasi. Pada kasus tersebut, anak-anak boleh menerima vaksin BIAS lebih dulu.



Simak Video "Aksi Badut dan Undian Sepeda Pikat Vaksinasi Covid-19 Anak di Tasik"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)