Sabtu, 18 Des 2021 07:16 WIB

Terpopuler Sepekan

Perjuangan Laura Anna Lawan Spinal Cord Injury Sampai Mengidap Ulkus Dekubitus

Firdaus Anwar - detikHealth
Laura Anna Foto ilustrasi: Dok. Instagram
Jakarta -

Selebgram Laura Anna meninggal dunia. Kisah Laura menarik banyak perhatian publik karena kegigihannya melawan spinal cord injury imbas kecelakaan mobil di tahun 2019.

Mantan kekasih Laura, Gaga Muhammad, saat itu diduga menyetir dalam keadaan mabuk.

Laura awalnya disebut mengalami saraf terjepit yang menyebabkan dirinya tidak bisa bergerak normal setelah kecelakaan. Sementara Gaga hanya mengalami luka ringan.

Diagnosa awal, Laura mengidap cervical vertebrae dislocation. Kondisi ini merupakan cedera pada tulang belakang leher yang merujuk pada vertebra di leher. Cervical vertebrae dislocation paling sering terjadi akibat kecelakaan mobil, tabrakan olahraga, dan terjatuh hingga mengenai bagian kepala dan leher.

"Usia Laura saat ini 19 tahun, menderita penyakit cervical vertebrae dislocation sejak hari minggu tgl 8 december dan menjalani tindakan pengobatan di RS Umum Mayapada, Jakarta Selatan," tulis Gaga yang sempat membuat halaman penggalangan dana untuk Laura kala itu.

Belakangan ternyata cedera yang dialami Laura terungkap lebih spesifik yaitu spinal cord injury. Spinal cord injury adalah cedera tulang belakang atau kerusakan pada bagian mana pun dari sumsum tulang belakang. Umumnya efek cedera ialah kerusakan fungsi tubuh secara permanen.

Selama sekitar dua tahun kemudian Laura kerap aktif mengunggah kegiatannya. Ia terus berusaha berjuang sembuh dari spinal cord injury.

"Happy 8 December Lora. Kno it aint easy but never dont give up. We made it guys," tulis Laura di media sosial tepat dua tahun setelah kecelakaannya.

Belakangan terungkap juga bahwa Laura mengalami ulkus dekubitus. Ini adalah luka yang terjadi akibat tekanan berkepanjangan pada kulit dan jaringan di bawahnya.

Ulkus dekubitus sering terjadi pada pasien yang mengalami gangguan mobilitas karena lama pada satu posisi duduk atau tidur.

Hingga kemudian pada Rabu (15/12/2021), muncul kabar terakhir bahwa Laura meninggal dunia. Informasi ini pertama kali diunggah oleh manajer melalui akun Instagram @aanstory.

Laura disebut mengeluh sesak napas dan asam lambung sehingga dibawa ke rumah sakit. Kondisinya sempat membaik, namun akhirnya Laura tutup usia.

Selamat jalan Laura.

Simak Video 'Detik-detik Pelarungan Abu Laura Anna ke Laut Ancol':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)