Selasa, 28 Des 2021 11:32 WIB

Updated

Kemenkes: 1 Kasus Penularan Lokal Omicron Sempat ke SCBD, Tertular di Mana?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengumumkan penularan lokal varian Omicron di Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi.

"Hari ini kita mengupdate temuan kasus transmisi lokal omicron di Indonesia," katanya dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

Per hari ini, total ada 47 kasus varian Omicron. 46 adalah kasus impor dan 1 orang penularan lokal.

Kasus lokal ini dialami laki-laki usia 37 tahun, tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

Kronologinya adalah pasien istri tinggal di Medan, ke Jakarta satu bulan sekali. Pasien tiba di Jakarta pada 6 Desember, kemudian 17 Desember mengunjungi restoran di SCBD, Jakarta.

"19 Desember melakukan tes antigen dan dinyatakan positif. Tanggal 20 melakukan tes PCR dan hasil WGS tanggal 26 desember menunjukkan positif Omicron," karta Nadia.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan di Indonesia pada 16 Desember lalu. Kasus pertama di Indonesia dialami oleh pekerja kebersihan di Wisma Atlet.



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)