Selasa, 28 Des 2021 12:07 WIB

Pasien Transmisi Lokal Omicron Dirawat di RS, Kok Bukan di Wisma Atlet?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya. RS Sulianti Saroso (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pasien pertama transmisi lokal varian Omicron di Indonesia saat ini dirawat di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta. Meski tidak bergejala, Kemenkes mengungkap alasan khusus pasien tersebut dirawat di rumah sakit.

"Mengapa kita melakukan perawatan di rumah sakit Sulianti karena ini adalah kasus pertama transmisi lokal jadi kita ingin memastikan, meminimalisir penularan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

Nadia menjelaskan penanganan klinis di rumah sakit akan jauh lebih terpantau daripada jika isolasi di Wisma Atlet. Penempatan pasien di RSPI Sulianti Saroso juga dilakukan untuk memantau gejala klinis yang muncul akibat varian Omicron.

"Pada prinsipnya pengendalian infeksi di RS akan lebih baik dan pengawasannya akan lebih tepat. ini alasan pasien dirawat di rspi Sulianti Saroso bukan di Wisma Atlet," beber Nadia.

Sebelumnya dijelaskan ada satu kasus transmisi lokal varian Omicron di Indonesia. Pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau pernah kontak langsung dengan orang yang pulang dari negara tertentu.

Temuan Kemenkes menemukan kasus pertama itu sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD. Kemenkes kemudian langsung melakukan pelacakan kasus yang dimulai dari tempat-tempat yang pasien tersebut sempat kunjungi.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)