ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Des 2021 17:55 WIB

Omicron RI Sudah Transmisi Lokal, Ini Jenis Masker yang Disarankan Ahli

Hartaty Varadifa - detikHealth
Female doctor holds a face mask with - Omicron variant text on it. Covid-19 new variant - Omicron. Omicron variant of coronavirus. SARS-CoV-2 variant of concern Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov)
Jakarta -

Kemenkes kembali melaporkan bahwa telah terdeteksi kasus transmisi lokal Omicron pertama di Indonesia. Total kasus Omicron menjadi 47 orang dengan dengan 46 kasus impor dan 1 orang transmisi lokal.

"Ada satu kasus transmisi lokal," Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

Kemenkes menyebutkan bahwa pasien tersebut merupakan seorang pria berusia 37 tahun asal Medan. Ia terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron pada 26 Desember 2021.

Transmisi lokal Omicron pertama ini diketahui tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri, tetapi sempat berkunjung ke restoran di kawasan SCBD Jakarta pada 17 Desember 2021.

Tersebarnya Omicron di Indonesia tentu kembali mengkhawatirkan masyarakat. Maka dari itu masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, dan memakai masker.

Dalam pemakaian masker sendiri masyarakat sudah mulai lengah bahkan masih ada yang tidak menggunakan masker di keramaian. Padahal berbagai jenis masker saat ini tidak begitu sulit ditemukan.

Berikut jenis masker yang disarankan ahli:

1. Masker kain

Menurut Centers for Disease Control (CDC) menggunakan masker biasa aau masker kain tetap bisa melindungi diri dari virus Covid-19 asalkan memenuhi standarisasi berikut:

  • Memiliki dua lapisan atau lebih bahan
  • Dapat mencakup hidung dan mulut
  • Pas di wajah tanpa ada celah
  • Memiliki kawat hidung untuk mencegah udara yang masuk dari bagian atas masker

2. Masker bedah

Masker bedah adalah masker wajah sekali pakai dan longgar yang menutupi hidung, mulut, dan dagu yang biasanya digunakan untuk:

  • Melindungi pemakainya dari semprotan, percikan, dan tetesan partikel besar
  • Mencegah transmisi sekresi pernapasan yang berpotensi menular dari pemakainya ke orang lain

Masker bedah dapat bervariasi dalam desain, tetapi masker ini biasanya berbentuk datar dan persegi panjang dengan lipatan. Bagian atas masker berisi strip logam yang dapat dibentuk ke hidung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jenis Masker yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar dari Omicron"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT