ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Des 2021 11:47 WIB

RSPI SS Ungkap Kondisi Pasien Omicron, Ada Hiperkoagulopati Meski Tak Bergejala

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19 Pasien Omicron di Indonesia yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)
Jakarta -

Ketua Pokja Pinere RSPI Sulianti Saroso dr Pompini Agustina Sitompul SpP mengungkap perkembangan kondisi klinis pasien Omicron yang tengah diisolasi. Dari sejumlah kasus probable dan terkonfirmasi, semuanya disebut memiliki gejala COVID-19 ringan bahkan tanpa gejala.

"RSPI Sulianti sudah melakukan isolasi kasus probable dan kasus konfirmasi yang tanpa gejala dan gejala ringan yang sudah divaksinasi dua dosis," bebernya dalam webinar Kamis (30/12/2021).

Meski begitu, menurutnya dari beberapa pasien Omicron ada yang mengalami hiperkoagulopati atau sumbatan di pembuluh darah yang mengganggu proses pertukaran oksigen. Hingga kini, kondisi klinis tersebut masih dipelajari lebih lanjut untuk melihat apakah ada efek atau dampak berkelanjutan pada organ lain.

"Ada beberapa kasus konfirmasi yang memiliki komorbid dan sudah mulai muncul tanda hiperkoagulopati meskipun pasien ini merasa tanpa gejala, itu yang kita harus tetap waspadai," sambungnya.

"Apakah hiperkoagulopati itu tidak terus berdampak pada paru, atau pada ginjal, atau pada jantung, nah ini yang harus kita waspadai," lanjut dr Pompini.

Pasien Omicon yang menjalani isolasi di RSPI Sulianti Saroso disebutnya ditempatkan di ruangan yang tidak bergabung dengan pasien yang bukan pelaku perjalanan. Mereka juga rutin diberikan multivitamin hingga dukungan psikologis.

"Tatalaksana saat ini yang dilakukan adalah tetap dengan menempatkan pasien dengan isolasi yang tidak bergabung dengan pasien-pasien yang bukan pelaku perjalanan. Dukungan multivitamin dan juga psikologis dan rehabilitasi medik," pungkas dia.



Simak Video "Satgas Laporkan Tingkat Kepatuhan Prokes Warga Masih Naik-Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT