ADVERTISEMENT

Sabtu, 01 Jan 2022 13:52 WIB

Tambah 68 Orang, Total Kasus Omicron RI Jadi 136

Firdaus Anwar - detikHealth
Female doctor holds a face mask with - Omicron variant text on it. Covid-19 new variant - Omicron. Omicron variant of coronavirus. SARS-CoV-2 variant of concern Foto: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov
Topik Hangat Omicron Masuk RI!
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan ada 68 kasus baru varian Omicron. Hal ini membuat total kasus Omicron di Indonesia menjadi 136 hingga Sabtu (1/1/2022).

Dalam keterangan resmi, juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan 68 kasus baru tersebut datang dari pelaku perjalanan luar negeri. Sebanyak 11 kasus dialami oleh warga negara asing (WNA).

"Semua kasus merupakan pelaku perjalanan luar negeri, dengan asal negara kedatangan paling banyak dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat," kata Nadia seperti dikutip pada Sabtu (1/1/2022).

Sebanyak 29 orang disebut tidak memiliki gejala, 29 orang sakit dengan gejala ringan, 1 orang sakit dengan gejala sedang, dan 9 orang lainnya tanpa keterangan.

Nadia sekali lagi mengingatkan agar warga negara Indonesia untuk sementara waktu menahan diri bepergian ke luar negeri. Hal ini mengingat kondisi wabah COVID-19 yang kembali meningkat di beberapa negara akibat varian Omicron.

"Jangan egois, harus bisa menahan diri untuk tidak bepergian dulu ke negara dengan transmisi penularan COVID-19 yang sangat tinggi seperti Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Kita harus bekerjasama melindungi orang terdekat kita dari tertular COVID-19. Mari kita menahan diri," pungkas Nadia.

Simak Video 'Penjelasan Ahli soal Pasien Omicron RI Banyak yang Tak Bergejala':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)
Topik Hangat Omicron Masuk RI!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT