Sabtu, 01 Jan 2022 17:30 WIB

Ini Trik Biar Cheating Day Enggak Bikin Gagal Resolusi Sehat 2022

Vidya Pinandhita - detikHealth
Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Trik agar 'cheating day' tidak merusak rencana resolusi hidup sehat di Tahun Baru 2022. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970
Jakarta -

Menyambut Tahun Baru 2022, gaya hidup sehat sehat tak jarang dijadikan bagian dari resolusi hidup yang lebih baik. Mulai dari membiasakan rutin berolahraga, menjaga pola tidur, dan tentunya menjaga asupan makan.

Jika ingin sesekali 'cheating day', bolehkah? Boleh sih, tapi hati-hati! Kepeleset sedikit saat cheating day bisa bikin bikin gagal resolusi setahun lho.

Menurut coach di butik gym F45 Senopati North, Ade Ira Pratiwi, godaan 'cheating day' adalah tantangan terbesar dalam mencapai resolusi hidup sehat di tahun baru. Meski hanya dilakukan sekali seminggu, cheating day bisa merusak rencana diet di hari-hari selanjutnya.

"Misalnya kita lagi progres buat turun berat badan dan sudah ada timeline harus makan apa, dan biasanya kan ada cheating day. Cheating day itu yang justru kadang suka bahaya, kita malah loss di situ," kata Ade Ira saat ditemui detikcom di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021).

"Yang seminggu sudah kita maintain tiba-tiba jor-joran di hari cheating day malah berantakan lagi nafsu makannya meningkat lagi. Akhirnya di minggu ke depannya malah jadi acak-acakan," sambungnya.

Menu makan sehari-hari harus enak

Dalam kesempatan yang sama, Head di butik gym F45 Senopati North, Reza Burhan, menambahkan untuk mencegah 'kebobolan' di cheating day, usahakan agar menu makan sehari-hari enak atau sesuai selera.

Jika seseorang nyaman dengan menu makan sehari-hari, diharapkan saat cheating day tak membabi buta memakan makanan tinggi kalori sebagai 'balas dendam' dari asupan makan sepekan.

"Makanan sehari-harinya harus enak. Jadi jangan cuma mikirin banyak protein dan sayuran, tapi nggak enak. Kalau dia bikin sendiri atau mau meal preparation, harus enak masaknya. Atau bisa mbaknya di rumah dikasih tahu, diajarin yang enak masaknya," terang Reza.

"Atau catering, pilih yang enak. Kalau nggak enak, biasanya bukan masalah rasa. Kalau kita tahu tempat itu pakai bahannya yang kalori tinggi, misal kecap. Kecap itu kalau yang normal, kalorinya juga tinggi," pungkasnya.



Simak Video "Momentum Diet Kala Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)