Minggu, 09 Jan 2022 05:00 WIB

Survei Ungkap Makin Banyak Pria Jepang Nyaman Kencing Sambil Duduk

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Ilustrasi toilet Toilet (Foto: Getty Images/iStockphoto/Creative life, looking for speci)
Jakarta -

Sejumlah pria di Jepang mengaku nyaman saat buang air kecil atau kencing sambil duduk. Keadaan ini terus meningkat sejak akhir 90-an dan saat ini lebih dari 60 persen pria di Jepang melakukan buang air kecil di toilet sambil duduk.

Dikutip dari Oddity Central, tren kencing sambil duduk menjadi begitu umum di kalangan pria Jepang bahkan ada istilahnya yaitu 'suwari-shon', plesetan dari kata-kata Jepang 'suwari' yang berarti duduk, dan 'shonben' yang berarti air seni. Tren ini pertama kali dilaporkan pada akhir 1990-an, dan popularitasnya secara bertahap meningkat sejak saat itu.

Pada 2007, survei menunjukkan bahwa sekitar 40 persen pria Jepang mengaku sebagai 'suwari-shon', dan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa tren ini lebih populer di kalangan pria muda yang berusia 25 hingga 35 tahun, dari pusat kota seperti Tokyo.

Sementara bulan lalu, survei terbaru yang dilakukan oleh produsen perlengkapan mandi Jepang Lion Corp menunjukkan bahwa 60,9 persen pria lebih suka buang air kecil sambil duduk.

Dari 1.500 responden berusia 20 hingga 60 tahun, 49 persen mengatakan mereka telah beralih dari toilet berdiri ke toilet duduk. Sementara 11,9 persen dari total mengatakan bahwa mereka adalah pengasuh 'asli', yang artinya mereka telah kencing sambil duduk untuk waktu yang lama.

Sebuah data dari tren ini mengungkapkan alasan utama mengapa pria melakukan kencing sambil duduk, yaitu karena kekacauan yang dibuat oleh percikan urine saat kencing berdiri. Selain itu, kenyamanan beristirahat di dudukan toilet, dan kemampuan untuk memeriksa ponsel sambil buang air kecil juga disebutkan oleh beberapa responden.

Manfaat kencing sambil duduk pada pria bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penjelasan Kemenkes soal Kriteria Suspek-Konfirmasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]