Kamis, 13 Jan 2022 20:30 WIB

Booster Vaksin COVID-19 Bakal Terus Gratis atau Berbayar? Ini Kata Kemenkes

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksin booster COVID-19 mulai diberikan kepada para lansia di Sleman, Yogyakarta. Ratusan dosis vaksin booster tersebut diberikan secara gratis. Penjelasan Kemenkes soal kemungkinan booster vaksin COVID-19 bakal berbayar. Foto: Pius Erlangga/detikcom
Jakarta -

Pemberian booster atau dosis lanjutan vaksin COVID-19 sudah dimulai, Rabu (12/12/2022). Diberikan secara gratis, tahap awal vaksinasi booster kini menyasar prioritas kelompok lansia dan kelompok rentan.

Lantas, apakah booster vaksin COVID-19 bakal terus gratis atau nantinya berbayar?

Menjawab pertanyaan tersebut, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebut pihaknya belum bisa memberikan kepastian. Bahkan, ia juga belum bisa memastikan sampai kapan vaksin COVID-19 diperlukan.

"Kita tunggu ya karena sekarang sih belum bisa menjawab karena satu, apakah nantinya setelah pandemi selesai masih perlu vaksin COVID-19 atau nggak? Ini masih tanda tanya," ujarnya dalam siaran langsung, Kamis (13/1/2022).

"Kalau vaksin flu, ya. Tapi COVID-19 atau tidak, belum tahu juga kita masih menunggu," sambungnya.

dr Nadia menyebut, kini sudah terdapat beberapa jenis vaksin yang sudah diberikan secara gratis dan rutin, menyasar anak-anak dan remaja. Maka itu, tak tertutup kemungkinan vaksin COVID-19 juga nantinya bakal diberikan secara rutin seperti vaksin-vaksin lainnya. Namun dr Nadia menegaskan, belum ada kepastian terkait hal tersebut.

"Kita tahu pemerintah banyak punya program-program yang diberikan secara gratis terutama imunisasi anak-anak. BCG, DPT, polio, campak, rubella, sampai kepada beberapa remaja hepatitis itu sudah diberikan," jelasnya.

"Apakah vaksinasi ini juga diperlukan setiap tahun apakah pada kelompok-kelompok tertentu saja? Kita tunggu ya seperti apa," pungkas dr Nadia.



Simak Video "Garut Mulai Gelar Vaksinasi Booster, Lansia Jadi Prioritas"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)