Minggu, 16 Jan 2022 06:55 WIB

Round Up

Fakfa-fakta Video Viral Belatung di Miss V, dr Boyke Pastikan Rekayasa

Vidya Pinandhita, Firdaus Anwar - detikHealth
dr Boyke Dian Nugraha Viral video muncul belatung dari Miss V, dr Boyke pastikan rekayasa (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Media sosial digemparkan video menyeramkan, muncul belatung dari dalam Miss V saat bercinta. Para pakar, termasuk dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, meyakini video tersebut cuma rekayasa.

"Belatung itu enggak mungkin kecuali pada orang yang mati. Itu akal-akalan saja untuk shock factor," komentar dr Boyke pada detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Menurutnya, belatung tidak mungkin tumbuh di jaringan hidup. Penyakit-penyakit infeksi, seperti sifilis atau kencing nanah misalnya, menurutnya tidak pernah menyebabkan ada belatung tumbuh di organ intim.

Pendapat senada disampaikan oleh dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang. Menurutnya, belatung hanya hidup di jaringan yang mati, bukan jaringan yang masih sehat.

"Kemungkinan buatan," tegasnya.

Kalaupun ada organisme hidup di vagina, dr Wisnu menjelaskan cacing kremi lebih mungkin ada di tempat itu. Parasit ini hidup di saluran pencernaan, dan saat dewasa bisa keluar melalui anus. Terkadang, dalam prosesnya ada yang berpindah masuk vagina.

"Namanya oxyuris vermicularis. Tapi ini jarang, biasanya pada yang hygiene-nya kurang bagus," terang dr Wisnu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]