Minggu, 16 Jan 2022 13:30 WIB

Bikin Was-was, Ternyata Ini Lho yang Bikin Omicron Bisa Kebal Vaksin COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Penyebab varian Omicron bisa kebal terhadap vaksin COVID-19. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Varian Omicron kini sudah menyebar luas di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Dari 748 kasus Omicron yang ada, 569 di antaranya merupakan kasus impor dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Selain mampu menular lebih cepat dari varian sebelumnya, varian Omicron juga disebut-sebut lebih kebal terhadap vaksin COVID-19. Benar nggak sih?

Dr dr Ceva Wicaksono Pitoyo, SpPD, K-P, FINASIM, KIC dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengungkap seberapa kuat varian Omicron jika dibandingkan dengan varian Corona lainnya.

Dalam pemaparannya, ia menyebut pada modeling pertama dari varian Omicron sudah bisa melihat bahwa infektivitas atau kemampuan menginfeksi varian ini 13 kali lebih tinggi dari pada sebelumnya.

"Modeling pertama dari Omicron sudah bisa menduga bahwa infektivitas dari virus ini 13 kali lebih tinggi daripada sebelumnya. Paling tidak 2,8 sampai 5 kali lebih tinggi daripada Delta," jelasnya pada webinar bertajuk 'Indonesian Congress Symposium on Combating COVID-19 Pandemic without Boundaries', Minggu (16/1/2022).

Menurut dr Ceva, varian Omicron ini juga mengalami 30 perubahan atau mutasi pada spike protein. Perubahan inilah yang meningkatkan kemampuan Omicron dalam segi penularan dan cenderung menurunkan efektivitas pengobatan dan juga vaksin.

Salah satu mutasi pada Omicron, yaitu K417N, juga diperkirakan menjadi penyebab seseorang bisa tetap terinfeksi meski sudah divaksinasi.

"Walaupun infeksinya menjadikan gejalanya tidak seberat yang pertama," lanjutnya.

Benarkan Bisa Kebal Terhadap Vaksin COVID-19? Selengkapnya di halaman berikut.

Tonton juga: Kisah Pedagang Asongan Difabel, Berkilau di Lintasan Renang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2