Egg Freezing: Luna Maya Melakukan Pembekuan Sel Telur, Apa Manfaatnya?

ADVERTISEMENT

Egg Freezing: Luna Maya Melakukan Pembekuan Sel Telur, Apa Manfaatnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 20 Jan 2022 16:29 WIB
Foto Luna Maya.
Foto: Dok. Instagram @lunamaya.
Jakarta -

Artis Luna Maya mengaku telah melakukan prosedur pembekuan sel telur atau egg freezing. Luna Maya melakukan egg freezing di usia sebelum 40 tahun agar ia siap menjadi ibu di masa mendatang.

Menurut Luna Maya, usia seharusnya tidak menjadi masalah dalam hal menjalani peran menjadi seorang ibu. Luna Maya mengaku selalu menjalani pola hidup yang sehat dan tidak merasa terbebani oleh usianya yang kini sudah menginjak 38 tahun.

"Aku pikir ini suatu tindakan persiapan saja. Supaya telur aku masih muda walaupun sudah menopause gitu," ungkap Luna Maya beberapa waktu lalu.

Prosedur egg freezing/pembekuan sel telur

Dikutip dari Mayo Clinic, egg freezing dilakukan dengan mengambil sel telur yang ada di rahim seorang wanita tanpa dibuahi. Telur tersebut akan dibekukan dengan prosedur khusus dan bisa dicairkan bila sewaktu-waktu ingin digunakan.

Bila kondisinya baik, sel telur beku dapat disimpan sampai puluhan tahun.

Telur beku biasanya akan dicairkan untuk dibuahi sperma di laboratorum. Embrio yang terbentuk kemudian akan ditanamkan kembali ke rahim wanita dengan harapan bisa berkembang menjadi janin. Proses ini populer dengan sebutan bayi tabung atau in vitro fertilization.

Manfaat egg freezing/pembekuan sel telur

dr Ivander Ramon Utama, SpOG, MSc, FMAS, dari klinik kesuburan Morula IVF Ciputat menjelaskan bahwa prosedur egg freezing berfungsi untuk mempertahankan kesuburan wanita.

Awalnya egg freezing disarankan untuk wanita yang akan menjalani prosedur medis berisiko mempengaruhi kesuburan, misal kemoterapi atau operasi rahim. Namun belakangan egg freezing juga diminati oleh wanita yang ingin menunda waktu kehamilan.

"Yang cukup sering dilakukan misalnya sebelum tindakan kemoterapi yang bisa menguras cadangan sel telur seorang perempuan," kata dr Ivan pada detikcom, Kamis (20/1/2022).

"Tapi sekarang tindakan egg freezing juga sudah meluas untuk indikasi lain. Misal yang usia advance namun belum berencana memiliki pasangan atau anak, egg freezing dilakukan bila kelak suatu saat nanti ingin memiliki anak masih ada cadangan telur yang bisa digunakan dalam program bayi tabung," lanjutnya.

dr Ivan menegaskan egg freezing ini berbeda dari proses pembekuan di kulkas. Sel telur yang dibekukan tidak akan mengalami penurunan kualitas bila dibandingkan dengan sel telur normal.

Sejauh ini disebut tidak ada bukti penggunaan sel telur yang dibekukan dalam program bayi tabung meningkatkan risiko cacat. Kecacatan lebih mungkin bisa terjadi karena berbagai faktor mulai dari kualitas sperma, proses fertilisasi, hingga proses kehamilan.

"Satu hal yang pasti adalah menggunakan telur hasil egg freezing itu tidak meningkatkan risiko terjadinya ketidaksempurnaan atau kecacatan embrio," pungkas dr Ivan.

Biaya egg freezing/pembekuan sel telur

Operation Manager Morula IVF Ciputat, Muhammad Ma'ruf, menjelaskan biaya prosedur egg freezing bisa dibagi menjadi beberapa komponen. Mulai dari obat-obatan yang digunakan untuk menstimulasi sel telur, proses pengambilan sel telur, pembekuan, dan penyimpanan.

"Biaya obat stimulasi sekitar Rp 15 juta dan bisa berbeda-beda tergantung kondisi medis dan profil hormon masing-masing pasien. Biaya petik telur (ovum pick up) sekitar Rp 30 juta dan biaya Tabung cryo (pembekuan) sel telur yang dipetik tadi sekitar Rp 2 juta. Jadi total bisa di kisaran Rp 40-50 jutaan," ungkap Ma'ruf.

Selain biaya prosedur egg freezing, pasien juga mungkin akan dikenakan biaya penyimpanan tiap bulan. Sel telur yang sehat bisa saja disimpan dalam kondisi beku sampai puluhan tahun.

"Ada biaya penyimpanan bulanan selama sel telur tersebut masih dibekukan/disimpan. Sekitar Rp 300 ribu per bulan," pungkas Ma'ruf.



Simak Video "Cerita Luna Maya Putuskan untuk Jalani Pembekuan Sel Telur"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT