Rabu, 26 Jan 2022 15:20 WIB

Gejala Mirip, Bagaimana Membedakan Infeksi Omicron dan Flu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi masker, pandemi covid-19, ilustrasi vaksin, ilustrasi pasien covid-19 Foto: AP/Vadim Ghirda
Jakarta -

Gejala varian Omicron disebut mirip dengan flu biasa. Bahkan pada beberapa pasien, varian Omicron tidak memiliki gejala sama sekali.

Kementerian Kesehatan RI juga melaporkan mayoritas temuan varian Omicron bergejala ringan sampai tidak memiliki keluhan. Jadi, gimana cara membedakan Omicron dan flu biasa?

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan mengatakan mengatakan berdasarkan laporan dari sejumlah negara dan di Indonesia gejala omicron ringan hampir sama dengan flu biasa.

"Gejala yang khas pada omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan, terutama tenggorokan gatal. Memang sedikit mirip dengan [gejala] flu," ujarnya dalam Seminar Daring berjudul "Super-immunity and Implication on New Variant of Covid-19".

Namun yang menjadi pembeda flu dan varian Omicron menurut dr Erlina adalah nyeri tenggorokan dan tenggorokan gatal. Kedua gejala tersebut biasanya tidak dialami oleh mereka yang mengalami flu.

Para pakar menyarankan untuk mengetahui apakah gejala yang dialami adalah tanda infeksi Omicron atau flu adalah dengan melakukan tes COVID-19 sedini mungkin.

Penting untuk dicatat bahwa gejala varian Omicron ini bervariasi pada setiap orang. Ada beberapa kelompok yang akan mengalami gejala berat jika terinfeksi seperti lansia dan orang dengan komorbid.

"(Pada penyakit flu) Orang leluasa tetap ke sekolah, bekerja, ke toko, ke mal, naik bus tanpa masker. Orang flu biasa tanpa masker, tapi ini berbeda dengan Omicron. Apalagi mudah menular dan bisa berat juga seperti dua orang yang kemudian meninggal itu," jelas dr Erlina.



Simak Video "WHO Temukan Bukti Gejala Omicron Lebih Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)