Selasa, 01 Feb 2022 20:23 WIB

Batuk Omicron, Kering atau Berdahak? Awas Tertukar, Gejalanya Mirip Flu

Vidya Pinandhita - detikHealth
Petugas tenaga kesehatan melakukan swab antigen kepada pemudik di kawasan hunian vertikal Apartemen Gading Nias, Pengangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (20/5). Gejala Omicron mirip flu, didominasi batuk dan pilek (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Gejala infeksi varian Omicron sulit dibedakan dengan flu biasa, misalnya berupa hidung meler dan tersumbat, sakit kepala, tubuh lemas, dan batuk. Lantas, batuk seperti apa yang dialami pasien Omicron? Bisakah dibedakan dengan pasien flu biasa?

Spesialis paru RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K) menjelaskan, orang terjangkit varian Omicron umumnya mengalami gejala berupa masalah pada saluran napas.

Di samping hidung meler dan mampet, gejala yang paling banyak ditemui namun jarang dialami pasien flu yakni masalah tenggorokan seperti gatal dan sakit saat menelan.

"Kalau flu itu jarang sekali sakit tenggorokan, nyeri tenggorokan. Kalau pada COVID-19, banyak sekali pasien saya 60 persen saya kira rata-rata berhubungan dengan saluran napas. Mulai dari gatal tenggorokan sampai nyeri, kemudian biasanya menjadi batuk," terangnya dalam diskusi daring, Sabtu (29/1/2022).

Sama seperti pasien flu, pasien COVID-19 varian Omicron kerap mengalami gejala batuk. Catatan dr Erlina, batuk pada pasien Omicron bukan batuk berdahak, melainkan batuk kering.

"Biasanya batuknya kering, kemudian disertai hidung tersumbat. Di hidung ada beberapa, ada yang merasa hidung tersumbat, ada yang merasa pilek," beber dr Erlina.

"Tambahannya adalah nyeri kepala dan badannya lemas. Ini mirip banget dengan flu oleh sebab itu untuk kondisi Omicron yang sudah mulai marak, jangan terlalu menganggap enteng flu," pungkasnya.



Simak Video "Beda Tipis Perbandingan Gejala Omicron dan Flu Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)