Minggu, 13 Mar 2022 11:03 WIB

Baru Mau Vaksin Booster? Kenali KIPI Pfizer dan Tips Mengatasinya

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
PMI menggelar vaksinasi COVID-19 kepada warga di Kota Bekasi. Sebanyak 1000 dosis vaksin Pfizer disuntikkan kepada warga masyarakat hari ini. KIPI Pfizer (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

KIPI Pfizer relatif tidak jauh beda dengan KIPI pada jenis vaksin lain. Penting untuk tahu sebelum vaksin booster agar bisa diantisipasi.

Diyakini, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Pfizer dosis ketiga atau booster berpotensi lebih ringan dari dosis 1 dan 2. Umumnya tidak membahayakan, terlebih karena vaksin ini sudah lolos uji klinis.

Beberapa orang mengalami efek samping dari vaksin merupakan tanda normal bahwa tubuh mereka sedang membentuk perlindungan.

Berat ringannya KIPI dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Bahkan beberapa orang tidak memiliki efek samping, dan reaksi alergi pun jarang terjadi.

KIPI Pfizer yang ditimbulkan oleh dosis booster sangat mirip dengan gejala yang dialami setelah dosis pertama, bahkan berpotensi lebih ringan.

Penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang telah menerima dosis ketiga dari vaksin COVID-19 Pfizer akan mengalami gejala yang lebih ringan daripada setelah dua dosis sebelumnya. Ini bisa terjadi karena tubuh menjadi terbiasa dengan virus melalui infeksi atau protein yang memicu respons imun dalam vaksin yang diterima sebelumnya. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir tentang KIPI Pfizer dosis ketiga.

Apa Saja KIPI Pfizer?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI saat memberikan emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Pfizer juga mengungkap beberapa kemungkinan efek yang muncul setelah penyuntikan. Di antaranya:

  • nyeri pada tempat suntikan
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • menggigil
  • nyeri sendi
  • demam.

Menurut laporan terbaru dari Pharmacovigilance, Setidaknya ada beberapa KIPI Pfizer yang paling banyak dirasakan setelah menerima dosis ketiga, yaitu:

  • Pireksia (demam)
  • Sakit kepala
  • Mialgia (nyeri otot)
  • Kelelahan

Tips Bermanfaat untuk Meringankan KIPI Pfizer Dosis Ketiga

Untuk meringankan KIPI Pfizer dosis ketiga, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu tentang penggunaan obat yang dijual bebas, seperti ibuprofen, asetaminofen, atau antihistamin untuk setiap rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dialami setelah divaksinasi.

Orang-orang dapat menggunakan obat-obatan ini untuk menghilangkan efek samping setelah vaksinasi jika mereka tidak memiliki alasan medis lain yang mencegah mereka untuk menggunakan obat-obatan ini secara normal. Hati-hati, beberapa obat mungkin tergolong obat keras. Konsultasikan ke dokter atau apoteker.

Tidak dianjurkan untuk meminum obat-obatan ini sebelum vaksinasi untuk tujuan mencoba mencegah KIPI Pfizer dosis ketiga.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di mana suntikan tersebut diberikan, oleskan waslap yang bersih, dingin, dan basah di atas area tersebut. Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam, maka minum banyak air putih dapat membantu.



Simak Video "Efektivitas Pfizer Terhadap Omicron Pada Anak 5-11 Tahun Hanya 12 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)