Minggu, 13 Mar 2022 19:30 WIB

Misteri Orang-orang 'Sakti', Selalu Negatif Meski Sekitarnya Kena COVID

Vidya Pinandhita - detikHealth
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hadirkan laboratorium mini-layanan tes swab antigen bagi para pegawai. Hal itu dilakukan guna cegah COVID-19. Ilustrasi penjelasan para pakar perihal penyebab sejumlah orang nampak 'kebal' dari Corona. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Tiga kali RI diterpa gelombang COVID-19, selalu saja ada orang-orang 'sakti' yang tidak pernah tertular virus Corona. Di saat sejumlah orang berkali-kali terpapar Corona sampai dapat gelar 'S2 COVID', orang-orang ini seolah tak pernah tersentuh COVID-19, bahkan saat varian Omicron merebak dengan amat cepat.

Sebetulnya, orang-orang ini betulan imun atau cuma tak terdeteksi saat dirinya tengah terpapar Corona?

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Tjandra Yoga Aditama, SpP, menjelaskan seseorang dengan kondisi tubuh yang baik memang bisa terhindar dari penularan, meski sempat melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Memang tentu tidak semua orang akan jatuh sakit, baik COVID-19 atau yang lain. Ada tiga faktor yang mempengaruhinya," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut Prof Tjandra menjabarkan, tiga faktor utama yang mempengaruhi seseorang tidak pernah terpapar COVID-19, yakni jumlah virus yang masuk ke tubuh, virulensi atau keganasan virus, serta daya tahan tubuh.

Sementara itu, ahli patologi klinik Universitas Sebelas Maret dr Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD, FISQua, punya pandangan berbeda. Menurutnya, memang ada kemungkinan seseorang tidak pernah terinfeksi virus Corona, salah satunya disebabkan faktor imunitas. Namun bisa jadi, seseorang tersebut sebenarnya sudah pernah tertular, hanya saja tak sadar saat dirinya sedang terinfeksi.

"Bahwa ada orang yang belum pernah kena COVID, bisa jadi memang dia sudah positif tapi tanpa gejala. Jadi mungkin saja dia kena tapi kebetulan OTG," kata dr Tonang dalam diskusi bersama Kemenkes, Jumat (11/3).

Lebih lanjut menurut dr Tonang, pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) kerap kali tidak menyadari ketika dirinya tengah terinfeksi virus Corona. Pada beberapa kasus, pasien OTG beroleh hasil negatif dari tes COVID-19, meski dirinya sudah terpapar virus Corona. Hal itu disebabkan dirinya belum memasuki masa inkubasi.

"Memang orang tanpa gejala itu cenderung tidak tinggi (virusnya). Tapi ya kita tidak pernah berharap akan tertular kan," jelas dr Tonang.



Simak Video "5 Temuan yang Diklaim Bisa Mengatasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)