Bakal Gantikan PeduliLindungi, Ini Bocoran Fitur CitizenHealth Apps

ADVERTISEMENT

Bakal Gantikan PeduliLindungi, Ini Bocoran Fitur CitizenHealth Apps

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Jumat, 25 Mar 2022 13:01 WIB
Berdasarkan aplikasi peduli lindungi pukul 14.17 sebanyak 8.351 orang berada di Grand Indonesia dari total kapasitas 140.238 selama PPKM Level 3.
Citizenhealth tengah dikembangkan sebagai penganti PeduliLindungi (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin baru-baru ini mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan roadmap untuk transisi menuju endemi COVID-19. Imbasnya, aplikasi PeduliLindungi kemungkinan bakal ditinggalkan, dan akan digantikan aplikasi baru Citizenhealth.

Beberapa pelonggaran perjalanan yang diberikan pemerintah, seperti penghapusan tes PCR dan antigen untuk perjalanan dan masyarakat diperbolehkan untuk mudik, dapat dilihat sebagai langkah awal Indonesia untuk "berdamai" dengan COVID.

Kelak setelah benar-benar mulai 'berdamai' dengan COVID-19, aplikasi PeduliLindungi yang digunakan untuk melacak penyebaran COVID, syarat masuk ke suatu tempat di publik, penanda vaksinasi, dan berbagai kegunaan lainnya, mungkin akan ditinggalkan.

Meski begitu, Kementerian Kesehatan Indonesia telah menyiapkan pengganti PeduliLindungi yang detailnya akan diinfokan ke publik secara bertahap. Sementara ini, pengganti tersebut diberikan nama CitizenHealth dan ditargetkan diluncurkan di akhir Juni 2022.

"Jadi, PeduliLindungi akan bermetamorfosis setelah kemudian antigen tidak lagi dipakai di [misal] pesawat. Terus kemudian, nanti bagaimana nasib PeduliLindungi ini akan menjadi CitizenHealth App," terang Setiaji, Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (DTO Kemenkes), di acara Health Innovation Sprint Accelerator 2022 Demo Day, Kamis (24/3/2022).

Aplikasi ini memiliki fungsi yang berbeda dengan PeduliLindungi. CitizienHealth ini digunakan untuk layanan kesehatan secara keseluruhan, berbeda dengan PeduliLindungi yang hanya seputar COVID-19; seperti penyebaran atau vaksinasi.

Pembeda terbesar kedua aplikasi ini adalah bagaimana CitizenHealth berfokus pada data kesehatan pribadi. Meski begitu, CitizenHealth tetap memiliki fitur untuk tracing & testing. Sementara ini, belum diketahui apakah fitur ini hanya untuk COVID atau tes kesehatan secara umum.

Next: Bocoran fitur Citizenhealth pengganti PeduliLidungi.



Simak Video "Kata Kemenkes RI soal PeduliLindungi Eror Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT