Selasa, 29 Mar 2022 10:31 WIB

Awal Mula Jada Smith Gunduli Kepala, Tak Mudah 'Berdamai' dengan Alopecia

Vidya Pinandhita - detikHealth
Will Smith, left, and Jada Pinkett Smith arrive at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Jae C. Hong) Will Smith dan Jada Pinkett Smith. Foto: Jae C. Hong/Invision/AP/Jae C. Hong
Jakarta -

Heboh momen komedian Chris Rock ditampar oleh aktor Will Smith dalam Oscar 2022. Pasalnya, Chris Rock berguyon soal rambut botak istri Will Smith, yakni Jada Pinkett Smith. Diketahui, kebotakan tersebut disebabkan penyakit alopecia atau alopecia areata, yakni gangguan autoimun yang memicu kerontokan rambut.

Pada 2018 dalam talk show Red Table Talk, Jada mengisahkan awal mula ia mengalami alopecia. Ia menjelaskan saat dirinya di kamar mandi, ia menyadari dirinya kehilangan segenggam rambut rontok.

"Itu adalah salah satu saat dalam hidup saya di mana saya benar-benar gemetar ketakutan," kata Jada, dikutip dari Newsweek, Selasa (29/3/2022).

Pinkett Smith sempat berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab kerontokan rambutnya. Namun kala itu, dirinya tak kunjung beroleh jawaban.

"Mereka tidak tahu kenapa," kata Jada.

Berteman dengan alopecia

Berlanjut pada 2021 lewat akun Instagram, Jada membagikan foto kepalanya yang dicukur. Ia secara terbuka angkat bicara soal alopecia yang diidapnya.

"Mama harus mencukurnya hingga ke kulit kepala sehingga tidak ada yang mengira dia menjalani operasi otak atau semacamnya. Aku dan alopecia ini akan menjadi teman... titik!" ujarnya dalam unggahan akun @jadapinkettsmith pada 28 Desember 2021.

Diketahui, alopecia adalah gangguan autoimun yang memicu kerontokan rambut. Akan tetapi, efeknya bisa berbeda pada setiap orang. Beberapa orang hanya kehilangan rambut di beberapa bagian, sementara yang lain mengalami kerontokan rambut dalam jumlah amat banyak.

Beberapa pasien mengalami penumbuhan rambut kembali, namun beberapa yang lain mengalami kerontokan secara permanen. Kondisi ini juga bisa memengaruhi kondisi rambut pada tubuh. Pasalnya, alopecia adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, khususnya pada folikel rambut.

Hingga kini, tidak ada kepastian soal penyebab alopecia. Namun sejumlah pihak meyakini, alopecia disebabkan oleh faktor keturunan.



Simak Video "Alasan Alopecia yang Diidap Jada Pinkett Bukanlah Lelucon"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)