Will Smith Minta Maaf ke Chris Rock, Tapi Tak Benarkan Jokes soal Alopecia

ADVERTISEMENT

Will Smith Minta Maaf ke Chris Rock, Tapi Tak Benarkan Jokes soal Alopecia

Rosiana Muliandari - detikHealth
Selasa, 29 Mar 2022 14:07 WIB
presenter Chris Rock, left, reacts after being hit on stage by Will Smith while presenting the award for best documentary feature at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello)
Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello
Jakarta -

Aktor Will Smith dan komedian serta aktor Chris Rock menjadi pusat perhatian netizen Twitter belakangan ini. Di ajang penghargaan film Oscar 2022, Smith tiba-tiba naik ke panggung dan menampar Chris Rock saat ia tengah membacakan sebuah nominasi.

Penyulut amarah Smith ini merupakan sebuah respons-nya terhadap lelucon yang dilontarkan Chris Rock mengenai istrinya. Meski awalnya Smith terlihat tertawa, ia jadi ikut marah saat melihat istrinya tampak tersinggung.

Jada Pinkett-Smith, istri Will Smith, hadir ke acara Oscar dengan penampilannya yang botak karena ia mengidap penyakit Alopecia. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit autoimun yang menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan.

Meski begitu, kurang lebih pagi ini waktu Indonesia, Will Smith meminta maaf secara publik via akun resmi Instagramnya.

"Saya ingin meminta maaf secara publik kepadamu, Chris. Saya bertindak berlebihan dan saya salah. Saya merasa malu dan tindakan saya bukanlah sesuatu yang saya inginkan sebagai seorang pria. Tidak ada tempat untuk kekerasan di dunia yang penuh cinta dan kebaikan," tulis Will Smith di akun Instagramnya.

Menanggapi kejadian ini, seorang psikolog klinis dan Co-Founder Ohana Space, Veronica Adesla atau yang lebih akrab dipanggil Vero, menilai bahwa lelucon Chris Rock tidak memiliki empati.

Namun, ia juga tidak membenarkan kekerasan yang dilakukan Smith di sebuah acara publik dengan penonton dari seluruh dunia.

"Dan kalau juga mau bertanya balik, apakah etis yang dilakukan Chris Rock dengan menjadikan kondisi Jada sebagai bahan gurauan? Jawaban saya itu tidak etis, karena tampak tidak empathetic," jelas Vero pada detikcom, Senin (28/3/2022).

Ia menilai bahwa Chris Rock tidak tidak mempertimbangkan bagaimana kondisi Jada yang merupakan isu yang sensitif dan sentimental bagi Smith dan keluarga.

Selain bagi Smith dan keluarga, Vero juga menilai bahwa leluconnya dapat berdampak buruk bagi orang-orang yang mengidap Alopecia yang sedang menonton Oscar.

"Namun demikian, apakah bisa dipahami mengapa ia melakukan hal tersebut? Jawaban saya adalah apa yang dilakukannya sangat bisa dipahami," respons Vero.

"Lelucon, bagi saya, sudah menjadi bagian dari pekerjaan, tapi, sebuah lelucon mengenai kondisi medis Jada itu terlalu berlebih untuk saya dan saya bereaksi secara emosional," tulis Smith.



Simak Video "Alasan Alopecia yang Diidap Jada Pinkett Bukanlah Lelucon"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT