Rabu, 30 Mar 2022 06:00 WIB

Dikaitkan dengan Dugaan Roman Abramovic Diracun, Apa Itu Nerve Agent?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
poison 2 Foto: thinkstock
Jakarta -

Konglomerat Rusia yang juga bos Chelsea, Roman Abramovich, diduga diracun saat menghadiri perundingan di Kiev, Ukraina. Penyebab pasti keracunan masih misterius, namun yang pasti kondisinya kini sudah membaik.

Abramovich diduga diracun bersama beberapa negosiator yang terlibat dalam perundingan. Beberapa gejala yang dirasakan mencakup nyeri menusuk di mata dan kulit mengelupas. Kondisi tersebut dikatakan tidak membahayakan nyawa mereka.

Berbagai spekulasi mengemuka, namun sulit untuk memastikan kebenarannya. Situasi tidak memungkinkan bagi Abramovich dan para negosiator untuk segera memberikan sampel untuk diperiksa, sehingga jejak racun di tubuhnya sulit diidentifikasi.

Kelompok jurnalis investigasi Bellingcat meyakini Abramovich dan para negosiator mengalami gejala keracunan nerve agent, senjata kimia yang menyerang saraf. Namun dosis yang diberikan di bawah dosis letal atau dosis mematikan, diyakini sebagai bentuk peringatan.

Apa itu nerve agent?

Dikutip dari laman Departemen Kesehatan New York, nerve agent merupakan senyawa kimia yang mempengaruhi sistem saraf. Efeknya mirip dengan beberapa jenis pestisida. Jenis-jenis nerve agent yang dikenal antara lain:

  • Sarin
  • Soman
  • Tabun
  • Racun VX

Jenis racun yang terakhir disebut dikaitkan dengan kematian seorang kerabat Kim Jong Un pada 2017. Agen saraf lain yang disebut 5 kali lebih kuat dari VX adalah Novichox, yang ramai dibicarakan saat tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny, jatuh sakit hingga koma dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow.

Bagaimana cara kerjanya?

Berbagai jenis nerve agent atau agen saraf bekerja dengan memblok sinyal dari saraf ke otot. Dampaknya, berbagai fungsi organ vital akan terganggu, sehingga menyebabkan kolaps. Beberapa gejala yang bisa muncul antara lain kejang, sesak napas, dan mual-muntah.



Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)