Sayangkan Video 'Pemecatan' dr Terawan Viral, IDI Bakal Investigasi

ADVERTISEMENT

Sayangkan Video 'Pemecatan' dr Terawan Viral, IDI Bakal Investigasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 04 Apr 2022 19:24 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Adib Khumaidi angkat bicara soal viral video 'pemecatan' Terawan Agus Putranto yang akhirnya menimbulkan kegaduhan. Adib mengakui, proses tersebut sebenarnya tak seharusnya terbuka menjadi konsumsi publik.

Karenanya, pihak IDI berencana menginvestigasi lebih lanjut bagaimana awal mula video viral keputusan 'pemecatan' Terawan ramai beredar di media sosial.

"Ranah etik ini adalah personal, kami sangat menyayangkan viral-nya video karena kami tidak mengetahui hal itu," terang dia dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (4/4/2022).

"Secara internal kami akan melakukan proses investigasi terkait hal ini," sambung dia.

"Kita tidak juga bisa menghindari karena proses-proses sidang di Muktamar, ada sidang pleono, khusus komisi sebenarnya semua sifatnya internal, tidak ada sifatnya luas dan ini yang kami sayangkan kemudian ada hal-hal yang jadi viral dan itu jadi kegaduhan," kata dr Adib.

Namun, dr Adib kembali memastikan keputusan pemberhentian permanen Terawan menjadi anggota IDI tidak berkaitan dengan pengembangan vaksin Nusantara. IDI dalam hal ini disebutnya tak memiliki wewenang apapun terkait proses pengembangan vaksin COVID-19 termasuk vaksin Nusantara yang digagas Terawan.

"Itu mempertegas bahwa secara profesi dan organisasi kita tidak terlibat, dan memang tidak ada kaitannya dengan vaksin Nusantara dengan putusan kemarin," pungkas dia.

(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT