ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Apr 2022 21:15 WIB

Viral Ibu Hasilkan ASI Berwarna Biru, Ini Penjelasannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral TikTok Viral ibu menghasilkan ASI berwarna ibu. (Foto: Tangkapan Layar/TikTok)
Jakarta -

Di media sosial TikTok viral video dari seorang wanita yang baru saja melahirkan dan menghasilkan air susu ibu (ASI). Netizen tertarik dengan ASI sang wanita yang tampak berwarna biru, tidak seperti biasanya.

Sang pengunggah video, Carina-Natalie Worley, mengaku mulai menghasilkan ASI kebiruan setelah anaknya jatuh sakit. Menurutnya, ASI menjadi biru karena mengandung antibodi yang dihasilkan tubuh untuk membantu kesembuhan anak.

"ASI saya biru karena anak saya sakit, jadi tubuh saya memproduksi antibodi untuk melawan penyakitnya. Tubuh manusia sangat menakjubkan ya?" tulis sang pengunggah video di TikTok.

Pakar laktasi Nancy Hurst dari Texas Children's Hospital menjelaskan bahwa warna biru pada ASI sebenarnya tampak mencolok karena kandungan lemak yang minim. ASI jenis ini disebut juga sebagai foremilk dan biasanya keluar dari payudara di awal sesi menyusui atau pumping.

"Saat payudara terus mengeluarkan ASI, komposisinya akan berubah menjadi hindmilk yang lebih tinggi lemaknya dan memiliki warna lebih creamy," kata Nancy seperti dikutip dari Parents.

"Seorang ibu mungkin bisa memperhatikan warna kebiruan pada ASI-nya ketika melakukan jeda lama di antara sesi pumping, misalnya saat pagi hari ketika payudara penuh. Warna kebiruan pada ASI terutama disebabkan oleh komposisi foremilk dan bagaimana cahaya dibiaskan darinya," lanjut Nancy.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT