ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Apr 2022 08:40 WIB

3 Jurus Sederhana Ubah Penampilan biar Punya Tubuh Ramping Ideal

Erika Dyah - detikHealth
Ilustrasi Olahraga di Rumah Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Tubuh yang ideal tidak hanya mengubah penampilan Anda, tapi juga bisa berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Tak jarang orang mengeluhkan sulitnya memiliki tubuh yang ramping ideal, padahal hal ini bisa diwujudkan dengan kebiasaan sederhana dalam keseharian.

Untuk mewujudkan tubuh yang ramping ideal, Anda tak perlu memaksakan diri berdiet ketat yang bisa menyiksa diri. Justru, turunnya angka di timbangan dan lingkar perut bisa didapat jika Anda secara konsisten melakukan kebiasaan sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan untuk miliki tubuh ramping ideal.

1. Atur Kebiasaan Makan yang Sehat

Kebiasaan makan akan mempengaruhi pola makan harian. Adapun kebiasaan makan yang sehat antara lain makan secara perlahan untuk menghindari makan berlebihan, buat jadwal makan rutin, dan susun menu di awal hari.

Anda juga bisa membiasakan diri untuk makan hanya di waktu lapar, bukan makan seenaknya saat merasakan emosi negatif, seperti sedih, lelah, atau cemas. Alih-alih makan berlebihan saat merasakan emosi negatif, cobalah atasi perasaan tersebut dengan hal lain yang lebih bermanfaat untuk tubuh dan pikiran. Misalnya, menyalurkan hobi, berjalan atau berolahraga, dan menghubungi orang terdekat..

Selain itu, hindari juga kebiasaan makan sambil beraktivitas, misalnya bekerja atau menonton televisi. Data pada Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan mereka yang tidak pernah menonton televisi atau video saat makan bersama keluarga ternyata memiliki risiko obesitas hingga 37% lebih rendah.

2. Rutin Berolahraga

Anjuran pentingnya berolahraga memang sudah sering digaungkan untuk mewujudkan tubuh yang sehat. Tentunya hal ini juga penting untuk jaga tubuh ramping ideal.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari memperkuat tulang dan otot, memperbaiki kualitas tidur, menjaga suasana hati dan kondisi emosi, membantu kontrol gula darah, hingga menjaga kesehatan jantung. Berolahraga tidak perlu dilakukan secara ekstrem. Anda bisa merutinkan olahraga dengan aerobik intensitas sedang minimal 150 menit setiap minggunya lalu kombinasikan dengan latihan beban minimal 2 kali per minggu.

Agar lebih senang menjalaninya, pilihlah olahraga yang Anda sukai dan lakukan bersama orang terdekat. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi Anda untuk giat berolahraga.

Selain itu, olahraga sembari mendengarkan musik juga membantu Anda lebih bersemangat. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Plos One menunjukkan bahwa mendengarkan musik sembari berolahraga treadmill berkaitan dengan tingkat kesukaan terhadap olahraga treadmill yang lebih tinggi.

3. Jaga Pola Makan

Tubuh yang ramping ideal tidak dapat diwujudkan tanpa upaya menjaga pola makan sehat. Penting sekali untuk memastikan jenis makanan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan pola makan sehat, seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur, memilih jenis biji-bijian utuh (seperti beras merah dan gandum utuh), memakan sumber protein sehat yang rendah lemak jahat (misal ikan, kacang-kacangan, tahu, dan tempe), serta membatasi asupan lemak dengan mengurangi gorengan dan memilih produk rendah lemak.

Membatasi asupan gula harian juga tak kalah penting untuk menjaga tubuh ramping ideal. Sebuah review pada British Medical Journal menunjukkan langkah ini (dalam kondisi pola makan biasa) dapat berkaitan dengan penurunan berat badan.

Selain itu, data dari Journal of American College Health menunjukkan mahasiswa yang mengalami masalah obesitas ternyata lebih banyak mengonsumsi gula dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Jangan khawatir! Meski harus membatasi asupan gula, Anda tetap bisa menikmati rasa manis dengan hadirnya Tropicana Slim yang punya banyak produk bebas gula. Produk-produk dari Tropicana Slim membuat kalori terkontrol untuk bantu jaga tubuh ramping ideal.

Adapun salah satu produk yang bisa Anda coba adalah Tropicana Slim Shirataki Rice yang terbuat dari umbi shirataki dengan rasa yang enak. Produk ini hanya memiliki 50 kalori per saji ada juga Tropicana Slim Shirataki Noodles yang memiliki 100 kalori per saji.

Untuk camilan, cobalah Tropicana Slim Cookies, kukis bebas gula dengan banyak pilihan rasa dan kalori terkontrol, hanya 100 kalori per saji. Anda juga bisa menikmati produk minuman bebas gula dari Tropicana Slim dengan berbagai varian kopi, cokelat, dan jeruk yang bisa menjadi pilihan sehat tanpa mengorbankan rasa saat diet.

Dengan menerapkan 3 kebiasaan sederhana yang sehat dan konsumsi produk dari Tropicana Slim, Anda bisa jaga tubuh tetapi ramping ideal demi tampilan dan kesehatan yang lebih baik.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT