Minggu, 03 Apr 2022 14:35 WIB

Tips Diet di Bulan Puasa dari Ahli Gizi, Cara Sehat Pangkas BB

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Tips diet ketika puasa Foto: iStock
Jakarta -

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, ada beberapa tips diet di bulan puasa. Bulan Ramadan kerap dijadikan momen untuk menurunkan berat badan. Pola makan yang teratur juga bisa dimanfaatkan untuk memangkas berat badan.

Kesempatan ini digunakan bagi banyak orang untuk melakukan diet. Pasalnya, menurunkan berat badan akan lebih tercapai dengan adanya pola makan teratur selama bulan Ramadan. Selain itu, waktu yang dimiliki untuk mengonsumsi makanan juga terbatas di bulan puasa. Lantas, apa tips diet di bulan puasa?

Tips Diet di Bulan Puasa

1. Pola makan teratur

Ada tips diet di bulan puasa dari ahli gizi. Menurut ahli gizi Mochammad Rizal, SGz, ketika seseorang berpuasa, lambung akan terbiasa menampung lebih sedikit volume makanan dari biasanya. Dengan demikian, perut akan terasa lebih kenyang meski mengonsumsi sedikit makanan, dibandingkan sebelum berpuasa.

"Jadi ketika ada batasan jam makan hanya 10 jam saja, maka lambung kita hanya bisa terisi dengan volume yang lebih sedikit dibandingkan ketika kita makan sepanjang hari. Nah, ini lah mengapa puasa bisa dijadikan momen untuk menurunkan berat badan," ungkap Rizal dalam program e-Life 'Puasa Bikin Kurus atau Gemuk?'.

Rizal juga menyebutkan bahwa diet selama bulan puasa ini bisa tidak aman apabila melakukan diet yang terlalu ekstrem. Sebab, diet ekstrem saat berpuasa beresiko menurunkan imunitas tubuh lantaran kurangnya asupan nutrisi yang diterima tubuh.

"Dalam concern aman (atau tidak), ini kembali dilihat dulu (metode) yang dianut, baik saat menjalankan puasa atau di luar puasa. Kalau pola makannya terlalu restriktif, terlalu membatasi, kemudian berakhir makan super sedikit, super ekstrem, tidak diimbangi dengan gizi seimbang, otomatis ini menjadi tidak aman, ya," pungkasnya.

2. Minum air putih yang cukup

Tips diet di bulan puasa yang berikutnya adalah minum air putih yang cukup. Tujuannya adalah untuk mencegah dehidrasi. Apalagi jika memiliki tekanan darah rendah, bisa berakibat pusing setelah menjalani puasa. Minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk mencukupi cairan dalam tubuh.

Minum air putih yang cukup bisa membuat tubuh menjadi segar dan tidak lesu saat menjalani hari.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)