Rabu, 13 Apr 2022 17:45 WIB

Bukan Gelas, Kali Ini Dumbbell 2 Kg Masuk Perut

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Unrecognizable man taking dumbbells in a gym Foto: iStock
Jakarta -

Bukan gelas, kali ini geger pria Brasil 'kemasukan' dumbbell seberat 2 kg di dalam perut. Mulanya, pria 54 tahun yang tidak disebutkan namanya itu mengeluhkan sakit perut luar biasa dan tidak bisa buang air besar (BAB).

Dikutip dari Daily Mail, ia kemudian dilarikan ke rumah sakit di Manaus. Setelah pemeriksaan lebih lanjut di daerah dubur, tidak ditemukan tanda-tanda apa yang memicu keluhan tersebut.

Karena itu, dokter segera melakukan rontgen perut. Siapa sangka, petugas medis kemudian menyampaikan kasus tidak biasa, yakni penemuan dumbbell yang bersarang di tempat usus besar bertemu dengan rektum, panjangnya hampir 20 sentimeter.

Petugas medis langsung melakukan upaya ekstraksi manual dengan para ahli bedah. Kasus ini dilaporkan dalam International Journal of Surgery Case Reports. Mereka mengaku mengalami kesulitan mengeluarkan dumbbell tersebut, tetapi akhirnya berhasil dan pria tersebut bisa pulang setelah tiga hari dirawat di RS.

Dokter mengatakan kasus semacam ini, yakni penemuan benda asing di dalam tubuh, kerap terjadi pada pasien berusia 20-40 tahun. Motifnya kebanyakan terkait dengan kepuasan seksual sehingga benda tersangkut.

Untuk pria, itu juga dapat menstimulasikan prostat, wilayah sensitif seksual dari sistem reproduksi. Dalam kasus ini, pria tersebut diharapkan tidak mengalami komplikasi jangka panjang.

Namun para ahli dalam laporan jurnal mengatakan kasus lain sebenarnya mengakibatkan cedera internal dan inkontinensia feses. Dr Ana Elisa de Landa Moraes Teixeira Grossi dan rekan sejawat di studi terkait tidak memerinci kapan insiden itu terjadi.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)