Catat! 9 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Biar Tak Mudah Haus saat Puasa

ADVERTISEMENT

Catat! 9 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Biar Tak Mudah Haus saat Puasa

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Kamis, 14 Apr 2022 03:01 WIB
Bolehkah Meneruskan Makan Sahur Saat Azan Subuh Sudah Terdengar?
Ilustrasi sahur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DGLimages)
Jakarta -

Salah satu tantangan saat berpuasa adalah menahan rasa haus di siang hari, kadang untuk menghilangkan rasa haus adalah dengan minum beberapa gelas air putih setelah makan sahur.

Namun, untuk mengontrol rasa haus bisa diatasi dengan sering mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur.

Dikutip dari laman Organic Authority, minum air saja tidak cukup menghilangkan dahaga, karena ada beberapa bahan makanan yang bisa meredakan dahaga jika sering dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

Berikut 9 bahan makanan yang membuat puasa tidak cepat haus:

1. Apel

Buah apel bisa ditemukan setiap musim, apel bisa membantu meredakan rasa haus dan juga menenangkan paru-paru kering terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang kering dan gersang.

2. Pisang

Selain membuat cepat kenyang, ternyata pisang yang sudah matang bisa menjadi pelepas dahaga. Buah pisang sebaiknya dikonsumsi saat sahur untuk menambah energi saat berpuasa.

3. Kelapa

Saat bulan puasa, buah kelapa cukup mudah ditemukan. Banyak penjual es kelapa yang berjualan di pinggir jalan. Kelapa paling pas dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat membangkitkan energi, menghilangkan rasa panas, dan menghilangkan rasa haus.

4. Mentimun

Salah satu jenis buah-buahan ini sering juga dijadikan sayur atau juga bisa dijadikan es serut, mentimun terdiri dari 90% air sehingga bisa membuat tubuh tidak cepat haus dan membuat badan tetap segar.

5. Anggur

Salah satu buah yang sering ditemukan dalam sop buah ini juga dikenal bisa menghilangkan dahaga dan juga mengatasi batuk kering. Buah anggur juga paling pas dikonsumsi saat berbuka puasa.

6. Kiwi

Salah satu yang memiliki rasa manis asam ini juga bisa menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa dan juga dapat menghilangkan efek haus saat demam. Buah kiwi bisa dikonsumsi saat sahur.

7. Mangga

Buah mangga yang dicampur dengan irisan air jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa haus, tentunya lebih baik disajikan saat berbuka puasa.

8. Plum

Salah satu buah yang masih berkerabat dengan persik ini bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan dahaga dan plum ungu juga dikenal lebih dingin daripada plum kuning.

9. Bayam

Tidak hanya buah, ternyata sayuran juga bisa menghilangkan dahaga dan tidak membuat cepat haus. Olahan bayam seperti sayur bening juga bisa disajikan saat sahur karena selain menghangatkan bisa membuat puasa tidak cepat merasa haus.

Jadi, apa makanan favorit detikers agar puasa tidak cepat merasa haus?



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT