Berat Badan Naik saat Puasa? Mungkin Ini 4 Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Berat Badan Naik saat Puasa? Mungkin Ini 4 Penyebabnya

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Kamis, 14 Apr 2022 03:31 WIB
Woman hand holding her own belly fat and cellulite on white background. Women before weight loss and shape up healthy stomach muscle concept.
Ilustrasi gemuk saat puasa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong)
Jakarta -

Di bulan Ramadan, umat muslim wajib menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Dengan berpuasa tentunya harus menahan lapar dan haus kurang lebih 12 jam. Namun, ternyata saat berpuasa beberapa orang masih mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kesalahan dalam pola makan atau aktivitas harian kamu. Padahal dengan berpuasa kamu juga seharusnya bisa melakukan diet sekaligus.

Berikut kesalahan atau penyebab berat badan naik saat puasa.

1. Malas Gerak

Saat berpuasa banyak orang yang tidak sering mengeluh badannya lemas. Sehingga, rasanya malas melakukan aktivitas harian atau sekedar berjalan 10 menit saja.

Padahal berpuasa bukan berarti kita harus memanjakan diri dengan tidak melakukan apapun, karena ketika tidak melakukan aktivitas harian maka kalori dan lemak ditubuh tidak akan terbakar dan membuat berat badan bertambah.

2. Makan Berlebih

Saat berbuka puasa biasanya banyak tersedia berbagai jenis makanan dan banyak orang yang kalap saat berbuka puasa dengan makan semua yang ada di hadapannya. Hati-hati makanan yang tidak sehat bisa membuat berat badan naik.

Lebih baik mengonsumsi makanan berserat tinggi dan protein yang cukup saat berbuka puasa agar cepat merasa kenyang.

3. Tidak Berolahraga

Berpuasa bukan berarti tidak berolahraga karena alasan lemas. Setiap orang harus melakukan olahraga setiap harinya karena dengan berolahraga juga bisa membuat tubuh menjadi ringan karena kalori terbakar.

"Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh warga awam seperti jalan cepat, jogging santai atau bersepeda. Kegiatan tersebut dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori dalam 45 menit. Tubuh menjadi ringan dan pikiran pun menjadi segar," jelas Health Practitioner dari PT Avrist Assurance dr. Herman Irawan dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (15/5/2020).

4. Mengonsumsi Makanan Manis Terlalu Banyak

Penyebab naiknya berat badan saat puasa yang terakhir adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Memang saat berbuka, umat Muslim dianjurkan berbuka dengan yang manis-manis, tapi makanlah sewajarnya.

Beberapa makanan manis penyebab berat badan naik saat bulan puasa yaitu es buah, es cincau, dan berbagai kue manis. Lebih baik kamu menggantinya dengan mengonsumsi buah yang jauh lebih sehat seperti kurma, semangka, atau jeruk.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT