Kamis, 21 Apr 2022 17:45 WIB

Jaga Pola Makan, Obesitas Mengundang Kista Payudara

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Close-up of overweight woman measuring her waist with tape measure Ilustrasi obesitas bisa memicu risiko kista payudara. Foto: iStock
Jakarta -

Kista payudara merupakan jaringan yang berisi cairan dalam payudara. Biasanya kista payudara disebakan oleh aktivitas hormon esterogen dalam tubuh. Wanita yang memiliki kista payudara umumnya berada pada rentan umur 20-an hingga menjelang menopause.

"Kalo kista air itu timbul biasanya karena imbalance (hormon). Paling sering timbul di usia-usia 20 tahunan," jelas dr Bob Andinata, SpB, K-Onk dari RS Brawijaya, ditemui detikcom, Kamis (21/4/2022).

"Biasanya mau menjelang menopouse dimana hormon esterogen itu fluktuatif. Pada usia 47, 48, 49, banyak kista di payudara. Dan itu gapapa, nanti juga masuk umur 50 biasanya hilang," sambungnya.

Kista payudara bertekstur kenyal dan biasanya bebentuk oval atau bulat. Menjaga pola hidup sehat merupakan usaha yang penting dalam mencegah timbulnya kista payudara.

Selain itu, dr Bob menyarankan untuk menghindari makanan berlemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

"Ditambah pola hidup sehat, hindari makan berlemak, dan berat badan ideal. Karena ketika badan over-weight bisa menyebabkan kadar hormon esterogen dan meningkatkan kista tersebut," pungkasnya.



Simak Video " Awal Mula Marshanda Idap Tumor Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(Mochammad Fajar Nur/up)