Minggu, 24 Apr 2022 03:55 WIB

Satu di Antara Sejuta, Bocah Laki-laki Ini Punya Dua Mr P

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
banana with open skin in the tossed state on a dark background Foto: Getty Images/iStockphoto/Albert Yarullin
Jakarta -

Seorang bocah berusia 2 tahun di Brazil terlahir dengan dua penis, kondisi langka yang saat ini hanya ditemukan pada 1 dari sejuta bayi laki-laki. Kondisi ini dikenal sebagai diphallia.

Dokter di Sao Paulo menyebut hingga saat ini hanya ada 100 kasus serupa yang pernah dilaporkan. Laporan kasus ini dipublikasikan di Journal of Pediatric Urology.

Pada kasus ini, dua Mr P berada saling bersisian dan disebut sebagai 'complete diphalia'. Ini artinya, keduanya dapat berfungsi dengan normal.

Berdasarkan pengamatan, Mr P yang sebelah kiri tampak lebih besar dibanding yang kanan. Karenanya, dokter berencana untuk memotongnya.

Namun seperti dikutip dari Mirror, hasil pemeriksaan menunjukkan masing-masing Mr P hanya memiliki 1 dari 2 corpora vavernosa, yakni jaringan mirip spons yang terisi darah ketika ereksi.

Dokter juga menemukan, Mr P yang lebih kecil bisa untuk buang air kecil. Sementara yang lebih besar, saluran kemihnya terlalu sempit untuk buang air kecil.

Para dokter akhirnya memutuskan untuk memangkas Mr P yang lebih besar. Pertimbangannya bukan ukuran, melainkan fungsionalitasnya.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)