ADVERTISEMENT

Minggu, 24 Apr 2022 18:46 WIB

Dilarang Makan-Minum Saat Halal Bihalal, Benarkah? Ini Aturan Resminya

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Geliat Restoran Mall di Jakarta Sambut PPKM Level 1 Benarkah tidak boleh makan-minum saat halal bihalal? (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Pemerintah menerbitkan aturan terkait perayaan halal bihalal saat lebaran 2022. Hal ini terkait masih adanya risiko penularan COVID-19.

Dalam Surat Edaran Nomor 003/2219/SJ yang terbit pada 22 April 2022, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan aturan soal aktivitas halal bihalal kepada gubernur, bupati, dan walikota.

Adanya surat lebaran ini berguna untuk mencegah peningkatan jumlah kasus COVID-19. Adapun, peraturan ini juga disesuaikan dengan level kasus COVID-19 di setiap kota atau kabupaten.

Untuk daerah yang memiliki level 3 hanya diperbolehkan mengadakan acara halal bihalal dengan jumlah maksimal tamu 50 persen.

Sedangkan, wilayah dengan level dua tamu yang hadir maksimal 75 persen dan wilayah dengan level 1 bisa mengundang tamu maksimal 100 persen.

Namun, dalam surat edaran tersebut juga pemerintah menghimbau untuk acara halal bihalal yang dihadiri 100 orang tidak diperbolehkan makan dan minum di tempat atau mengadakan prasmanan.

Tidak hanya itu, masyarakat juga disarankan untuk menghindari acara makan bersama yang membuat peserta harus membuka masker, karena dengan hal ini rawan terjadi penularan COVID-19.

NEXT: aturan lengkap halal bihalal.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT