Geger Gadis 13 Tahun Bisa Jalan Lagi Usai Disuntik Vaksin Nusantara Terawan

ADVERTISEMENT

Geger Gadis 13 Tahun Bisa Jalan Lagi Usai Disuntik Vaksin Nusantara Terawan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Minggu, 01 Mei 2022 03:00 WIB
Anggota Komisi IX Ribka Tjiptaning dari Fraksi PDIP berbicara soal singkatan korona yakni komunitas rondo mempesona.
Terawan Agus Putranto. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Viral sebuah video di media sosial memperlihatkan seorang gadis remaja yang bisa kembali berjalan usai disuntik vaksin Nusantara buatan dr Terawan Agus Putranto. Diketahui, gadis tersebut bernama Vanessa mengunjungi dr Terawan untuk mengucapkan terima kasih.

"You are strong," kata dr Terawan pada gadis yang bernama Vanessa itu. Momen ini berlangsung di RSPAD Gatot Soebroto.

Kronologi Remaja Bisa Jalan Lagi usai Vaksin Nusantara

Gadis berusia 13 tahun tersebut awalnya dalam kondisi sakit dan tidak bisa berjalan. Ia dan keluarganya pun memutuskan untuk pergi ke RSPAD untuk mendapatkan pengobatan.

Pada saat itu, Vanessa menggunakan alat bantu kursi roda lantaran tak bisa berjalan. Kondisinya pun langsung ditangani oleh dokter Terawan bersama jajaran tim vaksin Nusantara (vakNus).

Awalnya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan cara mengambil darah Vanessa untuk kemudian diinkubasi dengan reagen vaksin Nusantara. Hingga seminggu kemudian tanggal 8 April 2022, kembali dilakukan penyuntikan vaksin Nusantara ke tubuh Vanessa.

Di luar dugaan, Vanessa dapat berjalan kembali usai menerima vaksin Nusantara kedua. Kabar ini disampaikan oleh keluarganya kepada dr Terawan sepulangnya dari RSPAD. Bahkan, dikabarkan, dalam dua hari usai disuntik vaksin Nusantara, Vanessa bisa berjalan sendiri dan pergi ke minimarket.

Tanggapan Kepala RSPAD Gatot Soebroto

Menanggapi seorang remaja bisa berjalan usai disuntik vaksin Nusantara, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya mengatakan kasus tersebut sedang ditangani oleh tim dan pihaknya akan menyusun laporan khusus.

"RSPAD menugaskan Kepala Instalasi Cell Cure Kol Ckm dr Roedi Jatmiko, Sp A, Kol Ckm dr Yeni Purnama, Sp A (K), M.A.R.S, MH dan Tim Cell Cure Center untuk membuat CASE REPORT," kata dr Budi melalui pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (30/4/2022).

NEXT: Fakta-fakta Vaksin Nusantara



Simak Video "Bayi 6 Bulan Bakal Dapat Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT