Kemenkes Sebut Kemungkinan Dugaan Kasus Hepatitis 'Misterius' RI Bertambah

ADVERTISEMENT

Kemenkes Sebut Kemungkinan Dugaan Kasus Hepatitis 'Misterius' RI Bertambah

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 05 Mei 2022 12:12 WIB
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH
Jakarta -

Fenomena hepatitis akut misterius yang terjadi di dunia diduga mulai menyebar ke Indonesia. Pihak Kemkes RI mengeluarkan edaran bahwa telah ada 3 anak di Indonesia yang diduga menjadi korban hepatitis 'misterius' ini.

Menurut Siti Nadia Tarmizi, jubir Kemenkes RI, telah ada beberapa laporan yang diterima diduga kasus hepatitis 'misterius' ini pada beberapa daerah.

"Ada penambahan kasus tapi belom kasus yang confirm," katanya dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan pada Kamis (5/5/2022).

Ia juga menyatakan bahwa perlu adanya genome sequencing terlebih dahulu sebelum mengkonfirmasi apakah laporan yang diterima merupakan kasus hepatitis 'misterius' ini.

"Karena harus ada pemeriksaan genome sequencing, untuk mengetahui dia bukan hepatitis A dan E," lanjutnya.

Sementara itu, dalam acara yang sama, Spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K), mengungkap komentar hampir serupa.

Menurutnya telah ada laporan diduga kasus hepatitis 'misterius' di Jakarta dan dari luar kota namun masih dalam tahap investigasi lebih lanjut.

"Saya kira sampai saat ini sudah ada laporan-laporan kasusnya dari Jakarta maupun dari luar kota, dugaan kasus, namun masih dalam investigasi apakah ini hepatitis yang berat atau bukan," pungkasnya.

Simak Video 'Dokter RSCM Beberkan Gejala Hepatitis Misterius yang Terjadi pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(mfn/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT