Jumat, 06 Mei 2022 19:30 WIB

Waspada Tubuh Kelelahan Setelah Lebaran, Dokter Ungkap Gejalanya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Sejumlah penumpang berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (5/5/2022). PT KAI mencatat pada H+2 Ramadhan sebanyak 14.700 pemudik kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, sementara 14.900 lainnya kembali melalui Stasiun Gambir. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Jakarta -

Pada momen Lebaran biasanya diisi dengan kegiatan dan jadwal acara yang padat. Tidak jarang karena banyaknya kegiatan ini, membuat kondisi tubuh luput diperhatikan sehingga mengalami kelelahan lebih.

Menurut dr Junaidi Salas dari Islamic Medical Service, kelelahan lebih ini dikarenakan jadwal yang padat dan banyak berpergian ke sana-sini.

"Biasanya pada Lebaran seperti ini sering terjadi kelelahan akibat jadwal yang padat. Seperti silaturahim, wisata, pergi ke sana-sini. Itu yang mengakibatkan tubuh kelelahan lebih daripada sebelumnya," ujarnya dihubungi detikcom, Jumat (6/5/2022).

Belum lagi menurutnya, ada orang-orang yang harus mudik dengan jarak jauh dan terjebak kemacetan, tentu hal ini menguras tenaga dan pikiran.

"Apalagi mereka yang mudik dengan jarak jauh, kadang terjebak macet, itu pasti akan menguras banyak tenaga dan pikiran," sambungnya.

Ia mewanti-wanti bahwa tubuh yang kelelahan biasanya akan membuat daya tahan tubuh menurun. Daya tahan tubuh yang menurun membuat seseorang mudah terserang berbagai penyakit.

"Tubuh yang sangat lelah pastinya daya tahan tubuhnya bakalan menurun. Dimana kalau daya tahan tubuh menurun sangat gampang terinfeksi oleh kuman, bakteri, virus, dan sebagainya," terangnya.

dr Junaidi menyatakan daya tahan tubuh yang menurun akibat kelelahan ini akan menimbulkan berbagai gejala yang perlu diperhatikan.

"Sehingga akan dapat menimbulkan berbagai macam gejala seperti pusing, terus mual, terus badannya seperti masuk angin, badannya seperti linu-linu, meriang itu yang sering dirasakan," bebernya.

"Untuk memulihkan tubuh kita itu pastinya harus memperbaiki pola hidup sehat seperti sebelumnya," pungkasnya.



Simak Video "Catat! Syarat Perjalanan Periode Ramadan-Mudik Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)