Sabtu, 07 Mei 2022 20:15 WIB

Kenapa Hepatitis Akut Begitu Mematikan? Dokter Anak Beberkan Faktanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Hepatitis word from wooden blocks on desk Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat
Jakarta -

Menanggapi merebaknya kasus hepatitis misterius pada anak-anak di sejumlah negara termasuk RI, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menegaskan pentingnya pemeriksaan dan pengobatan sedini mungkin. Pasalnya, transplantasi hati untuk kondisi pasien yang sudah dalam kondisi berat akan sulit dilakukan.

"Kalau kewaspadaan kita adalah sedini mungkin kalau kita mendapatkan kasus lebih dini belum sampai terjadi hepatitis yang berat, akut, masih awal, sehingga kita bisa melakukan banyak hal," beber Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI dr Muzal Kadim, SpA(K) dalam diskusi daring, Sabtu (7/5/2022).

"Tapi kalau sudah datang dalam keadaan berat hepatitis, apalagi sudah gagal hati yang sulit. Medisnya juga tidak banyak yang bisa dilakukan, jadi bisa menyebabkan kematian karena transplantasi hati pun kita belum bisa melakukannya untuk emergency seperti ini," imbuhnya.

Lebih lanjut dr Muzal memaparkan, di Indonesia misalnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, transplantasi hati sudah banyak dilakukan. Namun catatannya, transplantasi hanya bisa dilakukan pada pasien yang sudah dipersiapkan dalam jangka waktu lama. Artinya, transplantasi hati tidak bisa dilakukan mendadak pada pasien yang datang sudah dalam kondisi berat.

"Di Indonesia, di RSCM, sudah banyak 60-an lebih tapi itu pada kasus-kasus yang dipersiapkan. Misalnya sudah ada rencana itu yang disebut sebagai kelainan hati, karena ini memang anak tersebut mengalami kerusakan hati, pelan-pelan memang suatu saat akan rusak semua sel hatinya. Disiapkan dalam waktu tersebut," pungkasnya.

Mengingat, Kementerian Kesehatan RI melaporkan tiga kasus kematian anak diduga akibat hepatitis akut, Minggu (1/5). Namun hingga kini, Kemenkes masih dalam proses investigasi untuk mengetahui penyebab penyakit tersebut.



Simak Video "Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)