Selasa, 17 Mei 2022 05:01 WIB

Jantung Pindah ke Usus Bukan Cuma Istilah, Bisa Terjadi kalau Seperti Ini

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Jantung pindah ke usus (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Ada banyak ungkapan untuk menggambarkan sensasi berdebar karena sesuatu yang menegangkan. Terbaru, para penggemar badminton merasa 'jantung pindah ke usus' saat menyaksikan final Thomas Cup 2022.

Pastinya, yang dimaksud adalah jantung berdebar-debar alias senam jantung. Saking berdebarnya, jantung seolah mau copot lalu melorot posisinya hingga ke usus.

Dalam kenyataan, jantung dan usus berada dalam rongga tubuh yang berbeda. Jantung ada di rongga dada, sementara usus ada di rongga perut. Keduanya dipisahkan oleh otot diafragma.

Namun sensasi 'jantung pindah ke usus' tidak sepenuhnya salah. Dokter jantung dari Rumah Sakit Siloam Karawaci dr Vito A Damay, SpJP(K) menjelaskan, posisi jantung bagian bawah memang berdekatan dengan sistem pencernaan.

"Jantung bagian bawah memang dekat sekali dengan lambung bagian atas, memang kadangkala terasa sensasinya demikian (jantung seperti pindah ke usus)," ungkap dr Vito kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).

Secara medis, nyaris tidak mungkin jantung benar-benar berpindah posisi dari rongga dada ke rongga perut. Namun dalam kondisi khusus, kemungkinan tersebut bisa menjadi kenyataan.

Menurut dr Vito, seseorang dengan cacat kongenital atau bawaan pada otot diafragma bisa saja memiliki lubang pada sekat antara rongga dada dengan rongga perut. Kondisi ini bisa memicu Hernia diafragmatika.

"(Organ) di rongga perut itu bisa tertukar (naik ke rongga dada) karena Hernia tersebut," terang dr Vito.

NEXT: Pertanda serius

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jangan Takut Cek Jantung di Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]