Kamis, 19 Mei 2022 08:32 WIB

Masker Sudah Tidak Wajib, Begini Cara Terhindar dari Ancaman Hepatitis Misterius

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Kini bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan, diperbolehkan tidak memakai masker. Begini kondisinya di Kota Bandung. Masker sudah tidak wajib, begini cara terhindar dari ancaman hepatitis misterius (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Melihat perbaikan pengendalian kasus COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengumumkan pelonggaran aturan penggunaan masker di area terbuka bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis lengkap plus booster dan bukan dari kelompok berisiko tinggi. Namun, ancaman hepatitis akut misterius menjadi perhatian masyarakat karena ada dugaan dapat menular melalui udara.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Mohammad Syahril mengingatkan, meski sudah ada kebijakan pelonggaran masker, masyarakat diminta untuk tetap menjalankan kewajibannya.

"Walaupun kemarin sudah diumumkan oleh Presiden dengan pelonggaran itu, maka tetap ada kewajiban-kewajiban yang harus kita pahami dan kita waspadai. Apalagi dengan adanya hepatitis ini yang semuanya masih belum diketahui penyebab pastinya," ujar dr Syahril dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan, Rabu (18/5/2022).

Kewajiban yang dimaksud berkaitan dengan cara mencegah diri terpapar hepatitis akut misterius yakni dengan tetap memakai masker saat berada di ruangan tertutup, transportasi publik, dan fasilitas umum.

"Kalau di luar ada kerumunan, tempat-tempat banyak orang, maka kita tetap harus pakai (masker), transportasi umum, fasilitas umum. Dengan adanya pelonggaran ini, bukan berarti kita membiarkan kemungkinan tertular penyakit lain," kata dr Syahril.

Di tengah ancaman hepatitis akut misterius, salah satu upaya menjaga kesehatan yakni dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. Menurut dr Syahril, sebagian besar penyakit saat ini, bisa menular melalui saluran pernapasan.

"Salah satu cara, pakai masker untuk menghindari itu (penyakit), Tentu saja dengan protokol kesehatan lainnya, cuci tangan," tambahnya.



Simak Video "Giat Dinkes Parepare Edukasi Siswa untuk Cegah Penularan Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)