Kamis, 26 Mei 2022 11:00 WIB

Sederet Ramalan Bill Gates yang Belakangan Terbukti, Termasuk Cacar Monyet?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
FILE - In this Feb. 1, 2019, file photo, Bill Gates smiles while being interviewed in Kirkland, Wash. Washington states richest residents, including Gates and Jeff Bezos, would pay a wealth tax on certain financial assets worth more than $1 billion under a proposed bill whose sponsor says she is seeking a fair and equitable tax code. Under the bill, starting Jan. 1, 2022, for taxes due in 2023, a 1% tax would be levied not on income, but on Foto: AP/Elaine Thompson
Jakarta -

Pandemi COVID-19 belum berakhir, kini dunia tengah dibuat heboh dengan kemunculan virus cacar monyet. Karena hal tersebut, ramalan Bill Gates terkait kekhawatiran munculnya penyakit berbahaya selain COVID-19 kembali disorot. Lantas, seperti apa ramalannya? Simak informasi berikut.

1. Risiko penyakit COVID-19 menurun

Sebagai informasi, Bill Gates sebelumnya pernah berbicara terkait ancaman wabah baru yang menyusul COVID-19 pada Februari 2022. Ia mengungkap risiko penyakit berat akibat virus Corona sudah berkurang secara signifikan. Namun, ada penyakit lain yang akan menggantikannya.

2. Pandemi berikutnya berasal dari patogen yang berbeda dari virus Corona

Ia mengungkap bahwa pandemi yang akan muncul nantinya kemungkinan berasal dari patogen virus, bakteri, hingga jamur, yang berbeda dari virus Corona.

"Kita akan menghadapi pandemi lain. Ini akan menjadi patogen yang berbeda di lain waktu," ujar Bill Gates, dikutip dari CNBC, Kamis (26/5/2022).

Karena hal tersebut, pendiri Microsoft itu mengimbau agar dunia bersiap menghadapi pandemi berikutnya dengan mengembangkan dan mendistribusikan vaksin. Begitu juga soal ekonomi yang perlu dipersiapkan oleh pemerintah.

"Lain kali, kita harus mencoba dan membuatnya, alih-alih dua tahun kita harus membuatnya seperti enam bulan," beber Bill Gates.

"Biaya untuk bersiap menghadapi pandemi berikutnya tidak begitu besar. Ini tidak seperti perubahan iklim. Jika kita rasional, ya, lain kali kita akan mendeteksinya lebih awal," sambungnya.

Tanggapan pakar terkait konspirasi Bill Gates

Ramalan Bill Gates disalahartikan oleh beberapa netizen. Muncul teori konspirasi yang menyebut jika dirinya lah dalang di balik munculnya cacar monyet. Hal itu langsung dibantah pakar. Stephen Duckett, mantan pejabat departemen kesehatan Australia, menyebut teori konspirasi semacam itu benar-benar menyesatkan.

"Perlu dicatat bahwa banyak dari peristiwa di atas telah terjadi sebelumnya. Bill Gates telah menjadi suara kesehatan global selama bertahun-tahun. Kembali pada tahun 2017 dan sebelum COVID, ia memperingatkan tentang patogen penyebaran pernapasan yang dapat membunuh puluhan juta dalam waktu kurang dari setahun," kata dia.

"Lalu ada cacar monyet itu sendiri, yang seperti disebutkan telah beredar pada manusia selama beberapa dekade. Wabah kecil tidak pernah terdengar. Pada tahun 2018, banyak kasus terdeteksi lagi di Inggris dalam waktu satu bulan," sambungnya.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)