Bisakah Penis Benar-benar Patah? Ini Penjelasannya

ADVERTISEMENT

Bisakah Penis Benar-benar Patah? Ini Penjelasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minggu, 29 Mei 2022 11:00 WIB
banana with open skin in the tossed state on a dark background
Foto: Getty Images/iStockphoto/Albert Yarullin
Jakarta -

Kondisi penis patah bisa saja terjadi. Namun 'patah' di sini tidak seperti ketika seseorang mengalami patah tulang karena cedera.

Penis patah dikenal dengan istilah fraktur penis, yang terjadi ketika penis ereksi mengalami tekanan atau dorongan secara paksa. Meski jarang terjadi, penis patah bisa terjadi saat ada trauma pada penis yang ereksi.

Dikutip dari Mayo Clinic, penis patah paling sering disebabkan oleh hubungan seksual, seperti ketika saat alat vital keluar dari vagina dan secara tidak sengaja terdorong ke panggul.

Ada beberapa posisi seks yang tampaknya sedikit lebih berisiko untuk penis. Dalam sebuah penelitian di Brasil, setengah dari penis patah yang terjadi saat berhubungan seks adalah dari posisi woman on top. Sebagai perbandingan, hanya 21 persen kasus yang berasal dari misionaris.

Tapi patah penis juga bisa terjadi karena masturbasi agresif atau taqaandan, sebuah praktik budaya di mana bagian atas penis yang ereksi ditekuk secara paksa untuk mengendurkan ereksi.

Apa tanda penis patah?

Salah satu gejala yang paling jelas adalah suara pecah atau 'pop' yang sebenarnya suara robeknya jaringan. Tentu saja ereksi akan berhenti seketika, kemudian muncul bengkak, memar biru kehitamanan, dan rasa sakit.

Fraktur penis membutuhkan perhatian medis segera. Cedera biasanya dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik, tetapi pengujian tambahan seperti USG mungkin diperlukan.

Jika tidak diobati, fraktur penis dapat menyebabkan penis melengkung atau ketidakmampuan permanen untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan seks (disfungsi ereksi).



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT