Irfan Hakim Masuk RS Usai Makan Keripik Terpedas, Dokter Ungkap Alasannya

ADVERTISEMENT

Irfan Hakim Masuk RS Usai Makan Keripik Terpedas, Dokter Ungkap Alasannya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 08 Jun 2022 17:31 WIB
Irfan Hakim
Irfan Hakim dilarikan ke rumah sakit usai mengikuti one chip challenge. (Foto: YouTube deHakims Story)
Jakarta -

Irfan Hakim sempat dilarikan ke rumah sakit usai mengkonsumsi one chip challenge atau disebut keripik terpedas. Hal tersebut diketahui langsung dalam kanal YouTube miliknya.

"Terus tiba-tiba gue mules, sakit perut, terus gue muntah. Sudah muntah, terus gue ke kamar mandi. Pas sampai ke kamar mandi gue nggak bisa buang air gitu. Tapi justru (perut) gue kaya dililit, ditarik," ucap Irfan Hakim, dikutip dari YouTube DeHakims Story.

Tak hanya dirinya, beberapa karyawan Irfan juga turut dilarikan ke rumah sakit usai mengkonsumsi keripik tersebut. Bahkan ada yang sampai pingsan.

"Iqbal pingsan, terus Ali juga tumbang segala macam," tutur Irfan Hakim.

Berkaca dari peristiwa tersebut, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, dari RS Brawijaya Depok menjelaskan bahwa rasa yang sangat pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung, sehingga memicu rasa nyeri yang amat sangat di lambung.

"Akibat iritasi di dinding lambung," ucapnya saat dihubungi detikcom, Rabu (8/6/2022).

Kondisi seperti ini bisa menyebabkan seseorang mengeluarkan air mata hingga pingsan akibat rasa nyeri yang ditimbulkan akibat iritasi.

"Jadi mungkin rasa pedas yang sangat akan menyebabkan gangguan rasa nyeri. Rasa nyeri di perut akan menyebabkan seseorang mengeluarkan air mata," pungkasnya.

"Selain itu, bahan yang dasarnya cabai, yaitu capsaicin akan merangsang kelenjar air mata yang akan menyebabkan air mata keluar. Pingsan juga akibat dari tubuh yang menahan rasa sakit yang sangat," kata dr Aru.

NEXT: Dampak makanan pedas jika sampai iritasi.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT