ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Jun 2022 09:46 WIB

Viral Challenge Tak Sendawa saat Minum Soda, Lebih Bahaya dari Tahan Kentut?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral menahan sendawa di TikTok Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Viral tren challenge menahan sendawa di TikTok. Challenge yang dinamakan 'spri** challenge' ini mengharuskan seseorang meminum satu botol soda tanpa sendawa.

Kebanyakan dari mereka yang mengikuti challenge berhasil menahan sendawa saat menenggak sebotol soda. Namun, tidak sedikit yang mempertanyakan bahaya di balik challenge ini.

Misalnya pengguna akun TikTok @Nabila Syabana, usai berhasil meminum sebotol soda tanpa sendawa, ia malah merasa heran dan menilai seperti ada yang salah jika tidak sendawa usai meminum sebotol soda.

"Panik. Kok nggak sendawa, (sambil terus mencoba sendawa hingga akhirnya merasa ingin muntah)," sebut @Nabila Syabana, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Bukan cuma Nabila, pengguna akun TikTok lainnya @La** yang juga berhasil mengikuti challenge tersebut,

"Kok gue nggak sendawa, ini bahaya nggak sih," sebutnya.

Apa Kata Dokter?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok challenge semacam ini bisa membahayakan pencernaan di lambung.

"Seperti diketahui sendawa adalah bagian dari proses tubuh terutama untuk mengurangi tekanan lambung akibat gas. Bila ditahan dan tidak dikeluarkan, akan menyebabkan lambung membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman," terang dr Aru saat dihubungi detikcom Rabu (8/6/2022).

"Bisa mengganggu proses pencernaan di lambung hingga menyebabkan iritasi dan luka di dinding lambung," sambung dia.

Meski belum ada literatur yang mengaitkan menahan sendawa dengan penyakit, dr Aru mengingatkan bukan berarti perilaku tersebut bebas risiko. Bisa saja orang tersebut mengalami gangguan seperti ileus, kolitis, hingga dispepsia fungsional.

NEXT: Lebih Bahaya dari Menahan Kentut?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT