ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 10:21 WIB

RI Disebut-sebut Transisi ke Endemi COVID-19, Warga Masih Butuh Prokes Ketat?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vakinasi massal lanjutan atau dosis ketiga mulai gencar dilakukan. Salah satunya di Kota Bekasi, tepatnya di Stadion Patriot Candrabhaga. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Seiring meningkat kembalinya kasus COVID-19 RI, muncul anggapan bahwa RI tengah berada pada fase transisi dari pandemi menuju endemi COVID-19. Lantas dengan kondisi kini, amankah jika warga RI melonggarkan penerapan protokol kesehatan?

Perawat Infection Prevention Control Nurse (IPCN) Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional, RSAB Harapan Kita, Rini Kurniati, SKep, Ners menjelaskan, pelonggaran aturan penggunaan masker beberapa waktu lalu sebagaimana yang diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo adalah hal baik. Pasalnya, pelonggaran tersebut mengacu pada indikasi tertentu.

Namun catatannya, tak berarti masyarakat sudah aman hidup tanpa masker. Sejalan dengan pengumuman Presiden kala itu, Rini mengingatkan, penting untuk tetap mengenakan masker ketika berada di tengah kerumunan.

"Protokol kesehatan tetap ada (di endemi COVID-19), cuma mungkin tidak seketat waktu pandemi. Saat ini kita sudah melihat Presiden (menjelaskan) penggunaan masker, artinya publik sudah ada pelonggaran. Saya rasa itu baik karena ada indikasi-indikasinya. Ada alasan kenapa di area publik dengan terbuka itu boleh lepas masker karena kita tahu, virus ini di udara bisa diencerkan virusnya," ujarnya dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Kamis (10/6/2022).

"Di area publik dengan sirkulasi udara bebas dengan kerapatan orangnya tidak rapat, kita bisa lepas masker walaupun di area publik. Ada kerapatan antar orang meningkat, tetap harus memakai masker. Itu pun masyarakat perlu diedukasi. Kita tahu kapan kita harus pakai masker, kapan kita tidak perlu pakai masker," sambung Rini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pahami Lagi Perbedaan Endemi, Epidemi, dan Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT