ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 14:04 WIB

Viral Konten FWB, Seperti Apa Sih Edukasi Seks yang Sebenarnya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Media sosial diramaikan dengan pengakuan sejumlah wanita yang bercerita mengenai pengalamannya terkait 'friends with benefits' atau FWB. Usai viral, kreator mengatakan tujuan dari pembuatan video tersebut adalah untuk seks edukasi.

"Tujuan program ini dengan garis besar membawa info tentang sex edukasi yang masih tabu di masyarakat kita," ungkap kreator.

Sebenarnya gimana sih seks edukasi itu?

Dikutip dari laman BKKBN, pendidikan seks bukan melulu soal hubungan seksual tapi juga pendidikan kesehatan reproduksi yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan organ-organ reproduksi untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Pendidikan seks lebih diarahkan agar anak-anak dan remaja terhindar dari berbagai macam kekerasan seksual. Pendidikan seks sejak dini juga diberikan untuk mencegah adanya seks bebas.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Hasto Wardoyo, SpOG, dalam pemaparannya dalam agenda riset Kesehatan dan Reproduksi Seksual mengatakan pendidikan seks masih dipahami awam sebagai segala yang berkaitan dengan sexual intercourse, bukan kesehatan reproduksi yang harus diketahui anak sejak dini.

"Pendidikan seks dan kesehatan reproduksi punya public image yang berbeda. Karena itu saya ingin membuat modul soal kesehatan reproduksi yang tidak akan dipandang sebagai pendidikan seks," kata Hasto.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT