ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 20:33 WIB

Heboh Konten FWB Berkedok Edukasi Seks, Waswas Risiko Infeksi Menular Seksual

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Male and female symbols drawn using chalk on a chalkboard Foto: Getty Images/iStockphoto/joxxxxjo
Jakarta -

Heboh di media sosial sekelompok wanita yang mengisahkan pengalaman melakukan Friends with Benefit (FWB). Video yang mulanya diniatkan sebagai edukasi seks oleh para wanita tersebut justru banyak menuai kritik dari banyak warganet yang menonton.

Video tersebut menuai kritik karena terlalu mempromosikan konsep FWB dan tidak menampilkan risiko-risiko kesehatan yang bisa didapat dalam menjalani FWB.

Dalam program e-Life di detikcom, Janofah Chiny, seorang Sex and Reproductive Health Content Creator, menjelaskan bahwa FWB dapat menimbulkan risiko infeksi menular seksual akibat melakukan hubungan seks lebih dari satu pasangan.

"Tentu FWB akan berisiko terhadap infeksi menular seksual karena seperti pemahaman kita bahwa FWB artinya tidak terikat dengan satu orang dong. Berarti dia bebas mau melakukan dengan pasangan satu orang atau dengan dua orang, tiga orang, bahkan lebih," terang Janofah pada detikcom dalam program e-Life bertajuk 'Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade', Jumat (6/8/2021).

"Itu berarti dia punya kebebasan sendiri dan otomatis, yang punya pasangan satu orang dengan terdiri atas dua orang saja sudah berisiko, apalagi ini yang sudah berbuat gonta-ganti. itu pasti ada risiko tertular Infeksi Menular Seksual (IMS)," sambungnya.

Janofah menambahkan bagi yang menjalani konsep FWB harus selalu rutin menjalani pemeriksaan ke dokter. Hal ini dilakukan untuk melihat adakah gejala infeksi menular seksual yang muncul.

"Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Kalau cewek bisa ke dokter SpOG, kalau cowok ke dokter andrologi. Atau pokoknya kalaupun belum tau dokter spesialis apa, bisa langsung ke rumah sakit, klinik, atau puskesmas untuk konsultasi terlebih dulu ke dokter umum. Adanya pemeriksaan rutin, jadi misal ada gejala tertentu bisa langsung di-cut penyakitnya sehingga tidak lebih parah ke depannya," pungkas Janofah.



Simak Video "Jawaban Menohok dr Boyke soal Viral Konten FWB: Menjerumuskan!"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT