ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 12:59 WIB

Dituding Persulit Izin Praktik Dokter Lulusan LN, IDI Jelaskan Masalahnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Profile Ketua IDI dr. Adib Khumaidi, SpOT. saat rapat dengar pendapat di DPR RI Ketua PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT (Foto: Rengga Sancaya)

Salah satu keluhan yang disampaikan FDSP dalam pertemuan dengan Komisi IX DPR RI dengan Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) pada Senin (20/6) yakni IDI mempersulit dokter-dokter di Indonesia lulusan luar negeri untuk berpraktik.

"Waktu tunggu proses adaptasi kisaran paling cepat tujuh bulan, bisa sampai dua tahun. Bahkan saya saat mau adaptasi, ada dokter anak lulusan negara lain itu sampai lima tahun tidak dipanggil-panggil untuk interview. Dalihnya, untuk menyamaratakan. Dianggap bisa menyamaratakan, untuk menyamaratakan kompetensi," beber salah satu perwakilan FDSP, dr Anthony.

"Pada prinsipnya, kedokteran itu tidak bisa sama rata. Seorang mungkin akan belajar lebih dalam dibanding yang lain ketika memiliki intensi yang banyak dan ingin terus belajar. Sedangkan dokter lain, tentunya zaman kompetisi ini akan merubah pola pikir masyarakat, mereka harus menjadi yang terbaik kalau dibuka benar-benar persaingan bebas sehingga persaingan sehat akan terjadi," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Dituding Persulit Izin Praktik Dokter Lulusan Luar Negeri, Apa Kata IDI?"
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT