Studi Temukan Tak Bisa Lakukan Ini Bisa Jadi Tanda Ajal Sudah Dekat

ADVERTISEMENT

Studi Temukan Tak Bisa Lakukan Ini Bisa Jadi Tanda Ajal Sudah Dekat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 23 Jun 2022 12:30 WIB
elderly muslim woman hands praying near the grave
Foto: iStock
Jakarta -

Penelitian terbaru menemukan usia paruh baya yang tidak dapat berdiri selama satu kaki dalam 10 detik atau lebih bisa jadi tanda ajal sudah dekat.

Para peneliti di Brazil melacak 2 ribu partisipan berusia 50-75 tahun menemukan lansia yang tidak bisa melakukan pose flamingo memiliki 84 persen kemungkinan untuk meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang bisa melakukannya.

Dilaporkan Daily Mail, selama penelitian, yang dilakukan oleh para peneliti di Klinik Latihan Kedokteran CLINIMEX di Rio de Janeiro, memantau setiap peserta selama rata-rata tujuh tahun. Selama tahun-tahun tersebut 123 orang meninggal.

Hasilnya, yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, menunjukkan bahwa mereka yang tidak dapat berdiri tanpa penyangga dengan satu kaki selama 10 detik, 84 persen lebih mungkin meninggal karena sebab apa pun.

Namun peneliti menegaskan bukan berarti masalah keseimbangan adalah penyebab kematian yang sebenarnya.

Tetapi peneliti utama Dr Claudio Gil Araujo mengatakan tingkat keseimbangan yang baik diperlukan untuk kehidupan sehari-hari dan kehilangan keseimbangan 'merugikan kesehatan'.

"Ini adalah studi observasional, dan karena itu, tidak dapat menentukan penyebabnya," kata penulis studi Dr. Claudio Gil Araujo, dalam sebuah pernyataan.

"Karena peserta semuanya adalah orang kulit putih Brasil, temuan ini mungkin tidak dapat diterapkan secara lebih luas ke etnis dan negara lain. Dan informasi tentang faktor-faktor yang berpotensi berpengaruh, termasuk riwayat jatuh baru-baru ini, tingkat aktivitas fisik, diet, merokok, dan penggunaan obat-obatan yang dapat mengganggu keseimbangan, tidak tersedia," jelasnya.



Simak Video "Sebuah Studi Baru Ungkap Teori Penyebab Kematian Bruce Lee"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT