ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jul 2022 20:02 WIB

5 Obat Sakit Tenggorokan Alami Ini Bisa Redakan Gejala Omicron BA.4-BA.5

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi wanita sakit tenggorokan Obat sakit tenggorokan (Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta -

Belakangan ini obat sakit tenggorokan banyak dicari oleh orang-orang. Hal itu adalah buntut dari sakit tenggorokan yang menjadi salah satu gejala subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang paling banyak dilaporkan.

Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh aplikasi ZOE Covid Study, sebanyak 65 persen orang merasakan sakit tenggorokan pada awal masa infeksi. Hal tersebut membuat pasien disarankan lebih banyak mengonsumsi cairan untuk meringankan rasa sakit tersebut.

Obat Sakit Tenggorokan

Dikutip dari Healthline, Kamis (14/7/2022), terdapat beberapa obat sakit tenggorokan alami yang dapat membantu meredakannya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui.

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan yang memiliki sifat antibakteri alami. Bawang putih juga mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan sehari-hari merupakan cara untuk mendapatkan sifat antimikrobanya.

2. Air Garam

Berkumur menggunakan air garam yang hangat dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Hal ini juga dikenal sebagai cara untuk membunuh bakteri pada tenggorokan.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Berkumurlah untuk mengurangi pembengkakan dan membuat tenggorokan bersih. Lakukan hal tersebut setiap tiga jam atau lebih.

3. Pappermint

Pappermint dikenal karena manfaatnya yang dapat menyegarkan nafas. Semprotan pappermint yang dicairkan juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Pappermint mengandung mentol, yang dapat mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan, dan batuk. Pappermint juga mempunyai sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri yang dapat mendorong penyembuhan sakit tenggorokan.

4. Madu

Madu yang dicampur dengan teh hangat atau diminum secara langsung merupakan obat rumah tangga yang dapat meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi menunjukkan bahwa madu bahkan lebih efektif untuk meredakan batuk di malam hari dibandingkan pereda batuk biasa.

Studi lain menemukan bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat meredakan sakit tenggorokan secara alami.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung banyak bahan alami yang berguna sebagai antibakteri. Sejumlah penelitian menemukan bahwa efek antimikroba yang terdapat dalam cuka sari apel dapat melawan infeksi.

Cuka sari apel memiliki sifat asam yang dapat digunakan untuk memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Cara membuat larutannya adalah dengan mengencerkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air, kemudian larutan tersebut digunakan untuk berkumur.

Lakukan hal tersebut sebanyak satu hingga dua kali per jam dan pastikan minum banyak air di antara sesi berkumur.

Itulah beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa Anda coba.



Simak Video "WHO: 110 Negara Alami Lonjakan Covid-19 Akibat BA.4 dan BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT