ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 13:03 WIB

Tangani Bedah Bariatrik Melly Goeslaw, Dokter Ini Beberkan Cara Kerjanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Melly Goeslaw ungkap perjalanan saat memutuskan pakai hijab. Foto: Dok. Instagram @melly_goeslaw.
Jakarta -

Belum lama ini, muncul kabar musisi Melly Goeslaw menjalani operasi bariatrik untuk memangkas berat badan. Sebenarnya, apa itu operasi bariatrik? Mungkinkah metode operasi ini bisa menjadi 'jalan pintas' untuk mengatasi obesitas?

"Aku melakukan BARIATRIC, temen2 silahkan di browsing ya apa itu Bariatric, aku pasti akan share juga nanti operasinya, dan semua perjalanan kedepannya mencapai tubuh ideal dan sehat pastinya," ungkap Melly melalui laman Instagramnya, Senin (18/7/2022).

Dokter yang menangani prosedur bedah bariatrik Melly yakni spesialis bedah subspesialis bedah digestif di RS Pondok Indah, Dr dr Peter Ian Limas, SpBSubBDig menjelaskan metode ini bertujuan mengatasi komorbid pada pasien obesitas, bukan untuk kecantikan atau kosmetik.

"Bedah bariatrik adalah pembedahan dengan memodifikasi saluran cerna sehingga tercapai penurunan berat badan dan komorbid akan hilang. Jadi yang paling penting di sini adalah bedah bariatrik itu tidak bertujuan kosmetik, sama sekali tidak. Memang pasti ada efek kosmetiknya ikut, dia kurus mungkin akan membaik," terangnya dalam diskusi daring, Jumat (22/7).

Menurutnya, metode ini jauh dari kata 'instan'. Pasalnya dalam bedah bariatrik, yang ditekankan bukanlah kecepatan penurunan berat badan, melainkan pendampingan pada pasien untuk menjalani gaya hidup baru setelah pembedahan. Walau memang umumnya, penurunan berat badan bisa terjadi dalam waktu cepat. Dalam enam bulan, pasien bisa mengalami penurunan berat badan hingga puluhan kilogram.

Pendampingan pada pasien umumnya dilakukan hingga setahun pasca operasi. Tujuannya, membentuk kebiasaan baru pada pasien. Seiring waktu, asupan makan pasien menjadi lebih sedikit, pilihan makan menjadi lebih bergizi, gaya hidup pun menjadi lebih sehat.

"Kalau dibilang cara cepat untuk menurunkan berat badan, ya dan tidak. Sebenarnya tujuannya memang kita tidak mau kecepatan yang ditekankan. Kita sebenarnya kalau dari bedah bariatrik semakin saya mendalami bedah bariatrik, saya semakin melihat bahwa ini bukanlah cara instan. Kata 'instan' itu nggak kena. Jadi ini lebih ke arah kita memaksa atau membantu pasien untuk membentuk cara hidup yang baru," jelas dr Peter.

"Bayangkan bahwa pasien itu sekarang sesudah bedah bariatrik laparnya hilang dan makannya cuma bisa 2-3 sendok itu sudah kenyang. 2-3 sendok itu nggak bisa diisi dengan biskuit, nasi nggak bisa. Dia dipaksa untuk mengejar proteinnya. Nomor satu proteinnya harus cukup karena protein tidak bisa disediakan oleh tubuh," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mengenal Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT